Setelah Situasi Melandai Muncul 10 Kasus Positif Covid-19

oleh -

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Pemkot Sukabumi bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Sukabumi terus meningkatkan kewaspadaan untuk menghadapi situasi terkini perkembangan pandemi Covid-19. Setelah situasi aman tanpa kasus selama sekitar satu pekan, pada Senin (3/8/2020) gugus tugas mengumumkan adanya 10 kasus baru Covid-19.

banner 970x90

Dengan penambahan 10 pasien terkonfirmasi positif Covid-19, jumlah kasus Covid-19 di Kota Sukabumi mencapai 91. Sampai dengan Kamis (30/7/2020), GGTP mengumumkan jumlah kasus masih 81. Dalam kurun waktu kurang dari 7 hari terjadi penambahan kasus Covid-19 yang cukup mencengangkan.

“Ditemukannya kasus baru Covid-19 merupakan hasil tracing dari kasus probable di rumah sakit,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi, dr. Wahyu Handriana kepada wartawan setelah merilis perkembangan terakhir Covid-19. 

Dalam menyampaikan keterangan asal pasien positif tersebut, semula Wahyu menyebutkan semuanya berasal dari satu kantor pelayanan publik. Namun dia tidak menerangkan lebih rinci status kantor tersebut, apakah milik pemerintah atau swasta. Tidak dijelaskan pula induk dari kantor dimaksud, pemda atau instansi vertikal.

“Dari satu kantor, tapi kantor tersebut masih tetap buka sebab sebagian besar pegawainya negatif Covid-19,” ujar Wahyu.

Namun selepas Ashar, Wahyu memberikan keterangan tambahan yang meluruskan pernyataan pertama. Dia menyebutkan, 10 pasien baru itu berasal dari 4 sumber. Apakah 4 sumber itu semuanya kantor? Wahyu tidak menjawabnya secara langsung.

Pada akhirnya, dalam pernyataan terakhir, dia mengatakan, 4 sumber yang dimaksudkannya adalah 3 dari kantor dan satu warga masyarakat.  Wahyu tetap tidak memberikan keterangan tambahan tentang kantor yang menjadi tempat terjadinya penularan Covid-19. (*) 

Print Friendly, PDF & Email