Sekda Imbau ASN Menjadi Teladan Penerapan PHBS di Masyarakat

oleh -
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi, Dida Sembada menyampaikan amanat dan arahan kepada para ASN pada apel pagi bersama.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Sekretaris daerah (Sekda) Kota Sukabumi, Dida Sembada mengimbau seluruh Aparat Sipil  Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Sukabumi untuk menjadi figur teladan dan contoh dalam penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungannya masing-masing. Dengan PHBS, ujar sekda, upaya menangani wabah Covid-19 dapat mencapai hasil yang optimal.

banner 970x90

Imbauan sekda itu disampaikan pada saat memimpin apel pagi di halaman Balai Kota Sukabumi, Senin (3/8/2020) pagi. Di tengah wabah Covid-19, kata Dida, penerapan  PHBS merupakan kunci untuk  menjaga keselamatan diri sendiri, keluarga, dan lingkungan terdekat dari serangan virus. 

“Teman-teman ASN harus memberikan suri tauladan di tempat tinggal masing-masing dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat selama masa pandemi Covid-19,” ujar Dida. 

Dengan memberikan contoh, ASN terus-menerus mengkampanyekan PHBS untuk menjaga kesehatan dan keselamatan lingkungan. Dida juga meminta para ASN ikut mengkampanyekan penggunaan masker, praktik menjaga jarak, dan menghindari kerumunan orang.  

“Keteladanan dan kampanye dilakukan mulai dari lingkungan keluarga, tetangga, dan kerabat dekat,” kata sekda.

Perkembangan terkini, lanjut Dida, kasus Covid-19 menunjukkan tren yang positif. Dalam satu minggu ini tidak ada kasus baru Covid-19 di wilayah Kota Sukabumi alias nol kasus.

“Namun kita tetap harus waspada dan hati-hati. Sebab kasus Covid-19 nol tidak berarti penyebaran Virus Corona telah berhenti. Virus Corona dan Covid-19 tetap merupakan ancaman yang harus tetap diwaspadai.

Selama vaksinnya belum ditemukan, ujar sekda, Pemkot Sukabumi akan terus melacak dan mencari lokasi-lokasi yang berpotensi bagi penyebaran Covid-19 dengan menggelar swab dan rapid tes massal. 

Pada bagi lain, sekda menyampaikan,  pelaksanaan Idul Adha 1441 Hijriah 2020 di Kota Sukabumi berjalan lancar. Sesuai aturan protokol kesehatan, tempat pemotongan hewan kurban dan pendistribusian daging kurban tidak dipusatkan di Masjid Agung. Lokasinya disebar ke beberapa masjid di tujuh kecamatan. (*)

Print Friendly, PDF & Email