PPDB SMPN 1 Sukalarang Gratis dan Anti Titipan

oleh -
SMPN 1 Sukalarang siap menerima peserta didik baru melalui proses pendaftaran yang perofesional dengan mengacu pada sistem zonasi.

Wartawan Joko Samudro (SUROBOYO)

PPDB SMPN 1 Sukalarang Gratis dan Anti Titipan

banner 970x90

Wartawan Joko Samudro (SUROBOYO)

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMPN 1 Sukalarang, Kabupaten Sukabumi tidak memberlakukan pungutan satu sen pun alias gratis. Selain itu, sekolah ini menolak segala bentuk titipan dan akan menerima siswa baru berdasarkan hasil seleksi berbasis sistem zonasi.

“Jadi para orang tua calon peserta didik baru SMPN 1 Sukalarang tidak perlu khawatir terhadap beredarnya rumor adanya titipan atau pungutan. Semua itu tidak ada. Dalam PPDB tidak ada pungutan dan titip-menitip,” kata Kepala SMPN 1 Sukalarang, H. Kartum, M.Pd. ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (3/7/2019).

Tahun ini kapasitas SMPN 1 Sukalarang untuk peserta didik baru mencapai 320 orang. Sementara sampai hari ketiga pendaftaran, jumlah calon siswa yang telah mendaftarkan diri mencapai 390 orang. Besar kemungkinan, sampai hari terkahir pendaftaran, jumlah pendaftar bisa mencapai sekitar 450 sampai 500 orang.

“Jadi kami harus melakukan seleksi. Sesuai dengan ketentuan pada sistem zonasi, seleksi mengacu pada prinsip dasar jarak rumah calon peserta didik baru ke sekolah. Kami akan menjalankan seleksi sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujar Kartum.

Pada seleksi tersebut, para calon siswa akan diurut peringkatnya berdasarkan jarak rumahnya ke sekolah. Untuk calon siswa yang jarak rumahnya ke sekolah sama, seleksi lanjutan diterapkan berdasarkan prestasi yang mengacu pada hasil ujian sekolah berstandar nasional.

“Dengan adanya sistem zonasi, penentuan diterimanya calon peserta didik menjadi lebih mudah. Sistem ini menghapuskan istilah atau sebutan sekolah favorit dalam PPDB,” tutur dia.

Asalkan rumahnya masuk dalam lingkup zonasi sekolah, lanjut Kartum, anak yang bersangkutan dapat diterima di sekolah manapun, termasuk di sekolah yang dilabeli sekolah unggulan atau sekolah favorit. Dia berhak menuntut ilmu di sekolah yang paling dekat dengan rumahnya.

Sejauh ini proses PPDB di SMPN 1 Sukalarang berjalan dengan lancar, tanpa hambatan. Dengan sikap profesional dan prosedural, panitia PPDB menerima dan memeriksa berkas-berkas persyaratan dari para orang tua. Panitia juga memberi tahu tentang berkas yang kurang yang dicantumkan pada tanda terima penyerahan berkas. (*)

Print Friendly, PDF & Email