Bupati Mendorong Kreator Robot Hidrolik untuk Kembangkan Inovasi

oleh -
Rangga Paris Fauzan, siswa kelas 5 SDN 1 Purabaya menjelaskan sistem kerja robot ciptaannya kepada Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami pada pameran kreasi seni dan inovasi siswa sekolah se-Kabupaten Sukabumi dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional di Cikembang.

Wartawan Usep Mulyana (KOWASI)

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mendorong siswa SD yang menciptakan robot berbasis sistem hodrolik untuk terus mengembangkan inovasi guna menghasilkan karya yang lebih besar. Dia memuji kreasi siswa SD tersebut karena kalau dikembangkan lebih jauh dapat menjadi produk yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Ketika anak-anak sudah punya kreasi dan ingin mewujudkan mimpinya, itu perlu kita dorong sehingga hasil karya yang dibuat mereka ke depannya dapat menjadi produk bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya,” kata bupati ketika meninjau pameran kreasi seni dan  inovasi hasil karya siswa sekolah se-Kabupaten dalam rangka Peringatan Hardiknas di Sekolah Bertaraf Internasional, Cikembang, Kamis (2/5/2019). 

Robot hodrolik yang menarik perhatian bupati itu merupakan hasil kreasi Rangga Paris Fauzan, siswa kelas 5 SDN 1 Purabaya, Kecamatan Purabaya. Karya Rangga itu terbuat dari kardus yang dipadu dengan selang kecil dan bekas alat suntik. Tenaga dari alat suntik dapat menghasilkan gerakan maju, mundur, dan ke samping.  

Bupati pun mendapat penjelasan tentang cara kerja dan sistem gerak robot. Marwan tampak kagum ketika melihat robot kardus itu berhasil mengangkat botol plastik bekas wadah air mineral. Bupati sempat menjajal keunggulan si robot seperti diperlihatkan kreatornya.

“Cara kerjanya sederhana. Robot ini bisa dikembangkan dan dimodifikasi lebih jauh lagi dengan mengunakan kompresor,” ujar bupati. 

Tidak lupa Marwan juga menanyakan asal-usul pencipataan robot tersebut. Dia mendapat jawaban, ide pembuatan robot lahir setelah Rangga melihat tayangan kreatif di Youtube dan mendapat bimbingan dari gurunya ketika merakit dan membuat robot.

Di tempat yang sama Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi, Herdy ‘Bima’ Somantri yang mendampingi bupati memuji hasil karya Rangga. Dia juga mengagumi hasil karya siswa lainnya yang ditampilkan pada pameran kreasi seni dan  inovasi hasil karya siswa sekolah se-Kabupaten Sukabumi.

“Tentu karya intelektual mereka patut kita banggakan. Dengan memanfaatkan teknologi informatika, mereka mampu mengembangkan ide untuk membuat sebuah inovasi. Nah sebaiknya mereka yang sudah membuat inovasi dapat mengupload hasil karyanya ke media sosial agar semakin banyak orang terinspirasi untuk melakukan hal yang sama,” ujar Bima. 

Pameran kreasi seni dan inovasi diikuti puluhan stand dari berbagai sekolah dari seluruh pelosok Kabupaten Sukabumi. Stand-stand itu menyajikan hasil kreativitas para sisiwa seperti sistem daur ulang sampah, teknologi hidroponik, makanan sehat, hingga inovasi teknologi seperti karya Rangga. (*)

Print Friendly, PDF & Email