Rumah Sakit Sekarwangi Dinilai Komisi Akreditasi

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami (kanan) didampingi Direktur RSUD Sekarwangi, Dr. Albani Nasution berdialog dengan Ketua Tim Surveyor KARS, Dr Laurens THB Kalesaran, Sp.B. sebelum dimulai penilaian akreditasi RSUD Sekarwangi.

Wartawan Usep Mulyana

RSUD Sekarwangi, Kabupaten Sukabumi mendapat kunjungan dari Tim Surveyor Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) RI yang akan melakukan penilaian akreditasi terhadap rumah sakit milik Pemkab Sukabumi tersebut. Selama lima hari sampai dengan Jumat (6/12/2019), RSUD Sekarwangi akan menjalani proses penilaian akreditasi.

Kedatangan tim yang dipimpin oleh Ketua Tim Surveyor KARS, Dr Laurens THB  Kalesaran, Sp.B. disambut oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami dan Direktur RSUD Sekarwangi, Dr. Albani Nasution, Senin (2/12/2019). Mereka diterima di aula lantai III Gedung IGD RSUD Sekarwangi.

Dalam keterangannya, Albani mengatakan, proses penilaian akreditasi mengacu pada Versi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) edisi I. Dia juga menguraikan pelaksanaan akreditasi di rumah sakit yang dipimpinnya. Albani mengharapkan, RSUD Sekarwangi dapat lulus akreditasi untuk meningkatkan pelayanan.

Sementara itu, Bupati Marwan menyampaikan, pelayanan kesehatan bagi masyarakat harus bisa tertangani dengan baik dan cepat. Dia mengharapkan aparatur yang mengabdi di bidang kesehatan dapat memenuhi pelayanan dasar kesehatan bagi masyarakat. Masyarakat sangat membutuhkan pelayanan rumah sakit yang baik.

“Kami mengharapkan penilaian akreditasi ini bisa meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit sehingga masyarakat dapat memperoleh berbagai kemudahan di Rumah Sakit Sekarwangi,” ujar Marwan.

Segala bentuk pelayanan yang diberikan  rumah sakit milik pemda, lanjut dia, harus bisa menjawab tuntutan masyarakat. Bila perlu pengelola rumah sakit dapat memenuhi harapan Presiden Jokowi yakni rumah sakit yang mendatangi masyarakat.

“Perlu digalakkan program jemput bola pelayanan rumah sakit ke masyarakat seperti digulirkan oleh Pemprov Jawa Barat melalui program dokter keliling. Sehingga ke depan, masyarakat tidak akan menemui kesulitan dalam mendapatkan layanan kesehatan,” tutur bupati.  

Di tempat yang sama Ketua Tim Surveyor Dr Laurens menyampaikan apresiasi atas kehadiran Bupati Sukabumi secara pribadi di RSUD Sekarwangi yang akan disurvei. Menutut dia, hal itu menunjukkan kepala daerah di Kabupaten Sukabumi sangat mendukung penuh akreditasi rumah sakit untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. (*)

Print Friendly, PDF & Email