Pembagian Sertifikat Tanah Asli Tugas Wabup, Bukan Agenda Politik

oleh -
Wakil Bupati Adjo Sardjono (tengah) didampingi Ijaj Budiana (Kades Caringin Wetan, ke-2 dari kanan) dan Anwari (Camat Caringin, ke-3 dari kanan) setelah penyerahan sertifikat dari program PTSL secara simbolis kepada warga.

Wartawan Usep Mulyana

Pembagian sertifikat pada program Pendaftaran Tanah Sertifikat Lengkap (PTSL) di Desa Caringin Wetan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi murni kegiatan pemerintahan. Tidak ada unsur atau agenda politik dalam kegiatan ini. Jadi tidak boleh ada politisasi pada pembagian sertifikat PTSL.

Demkian hal itu dikatakan Wakil Bupati Sukabumi,  H. Adjo Sadjono saat menyampaikan sambutan di hadapan warga penerima sertifikat PTSL di Desa Caringin Wetan, Senin (2/12/2019). Dirinya datang ke acara tersebut, ujar Adjo, karena tuntutan tugasnya sebagai wakil bupati. 

“Jangan mentang-mentang menjelang tahun politik,  kegiatan apapun yang saya hadiri selalu dipolitisasi,” katanya. 

Kedatangannya ke Desa Caringin Wetan, lanjut Adjo, salah satunya untuk memastikan program PTSL di desa ini berjalan dengan baik dan lancar. Sebagai wabup, ujar dia, wajar jika dirinya ingin mengetahui terselenggaranya semua tahapan program PTSL  mulai pendaftaran bidang tanah sampai dengan penyerahan sertifikat.

“Sertifikat sangat penting bagi pemilik tanah karena merupakan dasar kepemilikan bidang tanah yang telah dilegalisasi negara,” ujarnya.

Sertifikat tanah yang sudah ditangan pemilik harus diamankan dengan baik, tambah Adjo. Maksud diamankan adalah disimpan di tempat yang aman agar tidak mudah rusak, bukan diamankan di bank sebagai jaminan pinjaman untuk kegiatan tidak produktif. 

Di tempat yang sama Camat Caringin, Anwari juga menegaskan, kehadiran Adjo di Caringin Wetan tidak ada kaitan sama sekali dengan agenda politik. Adapun kedatangannya sebagai camat, ujar Anwari, itu dalam rangka mendampingi wabup sebagai unsur pimpinan daerah.  

“Saya diundang Pak Ijaj Budiana,  Kades Caringin Wetan.  Pada saat yang bersamaan di sana hadir juga Pak Adjo untuk membagikan sertifikat. Sebagai koordinator kewilayahan, saya harus memenuhi undangan itu. Lalu di Facebook muncul kesan,  saya mendukung salah satu kandidat. Itu tidak benar.  Sebagai ASN saya harus netral,” tegasnya.

Sekdes Caringin Wetan, Idris Maulana menjelaskan,  sertifikat yang dibuat oleh program PTSL diserahkan secara bertahap.  Jumlah sertifikat seluruhnya 2.100 buah.  Hari ini diserahkan 446 sertifikat.  Sebelumnya telah dibagikan sebanyak 254 sertifikat. Sementara sisanya sebanyak 1.400 harus terbagi habis sebelum akhir tahun 2019. (*)

Print Friendly, PDF & Email