Calon Kades Tugubandung yang Siap Wujudkan Masyarakat Sejahtera

oleh -
Entis Sutisna ketika menjabat Kades Tugubandung dan istri.

Wartawan Nanang Setiana

Mewujudkan masyarakat sejahtera yang adil, makmur, dan aman, cukup sandang, pangan, dan papan bukanlah hal yang mudah. Tapi bagi Entis Sutisna yang saat ini menjadi calon Kepala Desa Tugubandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, berdasarkan pengalaman yang dimilikinya punya cara untuk mewujudkan hal tersebut.

“Kunci untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat adalah dukungan dan partisipasi masyarakat. Karena itu saya mohon doa restu dari masyarakat Desa Tugubandung untuk pencalonan saya menjadi kepala desa,” kata Entis Sutisna kepada wartawan, Sabtu (2/11/2019).

Dalam rangka mencapai harapannya itu, Entis mengajukan visi ‘Terbangunnya tata kelola pemerintahan desa yang baik dan akuntabel dengan pelayanan yang ramah dan berkualitas prima guna mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera’. Visi tersebut dijabarkan dalam bentuk misi dan program kerja yang bermuara pada upaya mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Berdasarkan pengalamannya sebagai Kepala Desa Tugubandung periode 2013-2019, Entis menyadari, setiap warga membutuhkan pelayanan pemerintahan termasuk pelayanan pemerintah desa yang ramah, cepat, dan berkualitas sesuai visi yang diajukannya. Rakyat tidak mau direpotkan oleh pelayanan yang serampangan dan mengulang-ulang kesalahan sehingga mereka harus bolak-balik ke kantor desa.

“Makanya pelayanan di desa itu harus profesional. Saya akan mewujudkannya jika terpilih kembali menjadi kepala desa,” tutur dia.  

Operasionalisasi untuk mewujudkan visi pelayanan yang akuntabel, ramah, dan berkualitas antara lain melakukan reformasi sistem kinerja aparatur pemerintahan desa guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Selain itu menyelenggarakan pemerintahan yang bersih, terbebas dari korupsi dan bentuk-bentuk penyelewengan lainnya serta menyelenggarakan urusan pemerintahan desa secara transparan, akuntabel, dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata dia.

Adapun misi yang terkait dengan ekonomi adalah meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pendampingan khusus bagi UKM, wiraswasta, dan petani. Entis juga siap meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk mencapai taraf kehidupan yang lebih baik dan layak sehingga Tugubandung menjadi desa yang maju dan mandiri.

“Saya juga akan memberdayakan lembaga yang ada di desa dan mengoptimalkan kegiatan pemuda di bidang kesenian dan olahraga. Kami ingin menggali dan mengembangkan kesenian tradisional seperti kendang penca, wayang golek, dan calung. Misi ini penting untuk menekan tingkat kenakalan pemuda dan remaja,” ujarnya.

Untuk pembangunan mental dan SDM, Entis menawarkan program peningkatan SDM untuk melahirkan masyarakat yang produktif dan berdaya saing tinggi dalam menghadapi persaingan di era global. Selain itu, dia siap meningkatkan pengembangan kegiatan keagamaan berupa pengajian dan peringatan hari besar Islam yang melibatkan orang tua, remaja, dan anak-anak untuk membangun fondasi keagamaan yang kuat.

“Dan tentu saja saya juga akan terus meningkatkan pembangunan jalan desa, jalan lingkungan, gang, sarana air bersih, irigasi, sarana keagamaan dan pendidikan, serta infrastruktur sosial lainnya,” tuturnya. 

Guna merealisasikan visi, misi, dan program tersebut, Entis akan menerapkan standar dan strategi pengalokasian anggaran yang dimiliki desa seperti Dana Desa, Alokasi Dana Desa, dan bantuan keuangan berdasarkan skala prioritas. Dengan demikian, secara bertahap pelaksanaan program pembangunan di Desa Tugubandung berjalan efektif, efisien, dan tepat.

“Dalam mewujudkan sistem manajemen pemerintahan dan pelayanan publik yang profesional termasuk penataan administrasi pemerintahan desa, kami akan memperhatikan kesejahteraan aparatur desa,” ujar Entis. (*)

Print Friendly, PDF & Email