Dapat Jatah Rehab Dua Ruang Kelas, SDN Nyalindung Makin Kinclong

oleh -
Ruang kelas yang baru selesai direhab di SDN Nyalindung Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas tampak mengkilap dan megah dengan cat hijaunya.

Wartawan Dicky Sopyan

SDN Nyalindung yang terletak di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi makin megah dan mengkilap setelah menyelesaikan rehab dua ruang kelas yang dibiayai Dana Alokasi Khusus (DAK). Pada 2019, sekolah ini mendapat kucuran DAK sebesar Rp216 juta.  

banner 970x90

“Kami baru saja menyelesaikan kegiatan rehab berat dua ruang kelas dari DAK. Dengan dana tersebut, kami juga bisa membeli mebeler,” kata mantan Kepala SDN Nyalindung, Endang, S.Pd. ketika ditemui di bekas kantornya Jalan Nyalindung, Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Rabu (2/10/2019).

Sesuai syarat dan ketentuan dari pemerintah, pengerjaan rehab itu  dilaksanakan oleh panitia lokal yang melibatkan komite dan para para orang tua. Oleh karena itu, ujar Endang, pada pembangunan ruang kelas itu  ada dana swadaya dari masyarakat.

Dalam melaksanakan kegiatan rehabilitasi berat ini, panitia selalu mengutamakan kualitas pekerjaan agar sesuai dengan petunjuk teknis dari pemerintah. Pekerjaan rehab tersebut bisa diselesaikan sesuai target dengan kualitas dan spesifikasi yang memenuhi standar.  

Endang yang baru satu bulan meninggalkan jabatan Kepala SDN Nyalindung menyerahkan hasil pembangunan dua ruang kelas itu kepada penggantinya Jeni, S.Pd. Karena DAK turun saat dia menjabat Kepala SDN Nyalindung, Endang pun mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sukabumi, Pemprov Jabar, dan pemerintah pusat yang telah membantu perbaikan gedung sekolah tersebut.

Saat ini Endang kembali lagi ke sekolah lamanya sebagai Kepala SDN Cikadal di Desa Mandrajaya. Dia pun tak lupa menyampaikan ucapan selamat kepada rekannya Jeni yang menggantikan dirinya di SDN Nyalindung. Dia mengharapkan sekolah yang ditinggalkannya dapat lebih maju dan berkembang.

Mantan Kepala SDN Nyalindung, Endang (kiri, bertopi) dan penggantinya, Jeni.

Sementara itu di tempat yang sama Kepala SDN Nyalindung, Jeni menyatakan siap melanjutkan perjuangan Endang dalam mendidik para siswanya. Dia bersama para guru dan siswa akan berupaya untuk memelihara bangunan sekolah agar tetap kokoh dan terawat.

“Harapan kami ke depannya pemerintah selalu memperhatikan  pembangunan di sekolah kami karena masih banyak kekurangan,” tuturnya.  

SDN Nyalindung memiliki 106 siswa dengan jumlah guru 6 orang yang terdiri dari 2 PNS dan 4 guru honorer. Fasilitas pendukungnya tergolong lengkap karena sekolah ini mempunyai 6 ruang kelas dan 1 ruang kantor. (*)

Print Friendly, PDF & Email