Petahana Mulai Cuti Kampanye Selambatnya 26 September

oleh -
Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Ferry Gustaman.

Wartawan Aep Saepudin

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami dan Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Adjo Sardjono jika maju pada Pilkada 2020 diwajibkan menjalani masa cuti selama masa kampanye.

banner 970x90

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, Marwan dan Adjo harus cuti paling lambat tanggal 26 September 2020 yakni hari pertama kampanye.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Ferry Gustaman ketika ditemui di sela kegiatan pelantikan Pengurus Majelis Daerah Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kabupaten Sukabumi di Hotel Augusta, Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Rabu (2/9/2020).

“Cuti petahana itu sampai dengan tanggal 5 Desember 2020 sebagai hari terakhir kampanye Pilkada 2020,” ujar Ferry.

Petahana, ujar dia, harus menyerahkan surat cuti paling lambat atau maksimal pada hari pertama kampanye kepada KPU Kabupaten Sukabumi.  

Pada bagian lain Ferry menjelaskan, KPU Kabupaten Sukabumi telah menyiapkan seperangkat aturan dan mekanisme pendaftaran pasangan calon (paslon) yang akan mengikuti Pilkada 2020. Seperti ditetapkan KPU, masa pendaftaran dari tanggal 4 hingga 6 September 2020.

“Supaya leluasa, penerimaan pendaftaran dilakukan di Hotel Augusta. Kalau di Kantor KPU Kabupaten Sukabumi takut mengganggu kegiatan para pedagang di sana,” ujar Ferry.

Paslon, kata dia, tidak boleh mambawa pengantar dalam berlebihan, jumlahnya dibatasi maksimal 20 orang sudah termasuk paslon. Saat mengikuti proses pendaftaran, paslon dan pendukungnya harus mentaati protokol kesehatan.

“Pasangan calon harus mengikuti swab test, sedangkan para pendampingnya mesti mengikuti rapid test,” jelasnya.  

Hari pertama dan kedua, pendaftaran dibuka sampai dengan pukul 16.00 WIB, sedangkan hari terakhir sampai pukul 24.00 WIB. (*)

Print Friendly, PDF & Email