Dilantik Bupati, Zainul Resmi Gantikan Iyos

oleh -
Serah terima memori dari Iyos Somantri kepada penggantinya, Penjabat Sekda Kabupaten Sukabumi Zainul.

Wartawan Aep Saepudin

Karena mengajukan pensiun dini, H. Iyos Somantri digantikan posisinya oleh Penjabat Sekda Kabupaten Sukabumi, Zainul. Pelantikan penjabat sekda dan pisah sambut Iyos dan Zainul dipimpin Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami di Bale Budaya Pudak Arum Pendopo Sukabumi, Selasa (1/9/2020).

banner 970x90

Sebelumnya Zainul menjabat Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Sebagai penjabat sekda, dia resmi menggantikan Iyos yang pensiun persis pada hari pelantikan penjabat sekda. Penggantin sekda oleh penjabat sekda itu telah mendapat persetujuan dari Gubernur Jawa Barat.  

Dalam sambutan saat melantikan penjabat sekda, Bupati Sukabumi mengatakan, selama menjabat sekda, Iyos menunjukkan kinerja yang baik dan meraih banyak prestasi. Hal ini dibuktikan dengan peraihan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) atas hasil pemeriksaan BPK RI selama enam kali berturut-turut.

“Pak Iyos memiliki komitmen dalam bekerja. Terima kasih Pak Iyos atas pengabdian selama 34 tahun untuk Kabupaten Sukabumi,” ujar bupati.

Marwan juga berpesan kepada Zainul untuk melanjutkan budaya kerja yang sudah terpola dengan baik dan melengkapi kekurangannya untuk mencapai prestasi kerja yang lebih optimal.

“Kerja sama tim terus dimaksimalkan, termasuk koordinasi internal dan eksternal. Juga secepatnya melakukan langkah penguatan  penanganan Covid-19 di Kabupaten Sukabumi,” kata Marwan.

Dalam pidatonya, Penjabat Sekda Zainul S mengatakan, dirinya akan berupaya untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Bersama jajaran Pemkab Sukabumi, dia akan menpertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah dicapai Kabupaten Sukabumi.

“Terima kasih kepada Pak Bupati yang telah mempercayai saya menjadi penjabat sekda menggantikan Pak Iyos. Amanah ini akan dilaksanakan dalam melanjutkan pengabdian saya untuk memajukan Kabupaten Sukabumi,” ujar Zainul.

Dirinya bukan siapa-siapa, lanjut dia, tanpa dukungan dari semua perangkat daerah, Forkopimda, dan masyarakat. Zainul juga mohon bimbingan dari semua kalangan agar dirinya dapat menjalankan tugas dengan baik.

Di tempat yang sama, H. Iyos Somantri mengatakan terima kasih atas kepercayaan dan bimbingan bupati dan wakil bupati dalam menjalankan tugas sebagai sekda. Perjalanan kariernya cukup panjang. Suka duka telah dilewati selama melaksanakan tugas sekda di Kabupaten Sukabumi sampai akhir masa jabatan. 

Banyak pengalaman dan cerita dari awal menjadi PNS di Kabupaten Sukabumi hingga mencapai jabatan sekda. Salah satu kepuasan batinnya adalah bisa meraih WTP selama enam kali berturut turut.

“Di bawah kepemimpinan Pak Marwan dan Pak Adjo, Kabupaten Sukabumi banyak meraih prestasi baik lokal, provinsi, maupun nasional,” tuturnya.

Pelantikan penjabat sekda dan pisah sambut Iyos dan Zainul juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara, Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan para kepala perangkat daerah di Kabupaten Sukabumi.

Di akhir kegiatan, penyelenggara memutarkan video perjalanan karier Iyos mulai dari CPNS hingga mendapat kepercayaan menjadi sekda. Dalam video itu, sejumlah kalangan menyampaikan testimoni dan ucapan terima kasih kepada Iyos. Setelah itu dilakukan penyerahan buku memori pejabat lama kepada penjabat sekda.

Seua hadirin pada acara itu wajib mentaati protokol kesehatan antara lain menggunakan masker, pemeriksaan suhu tubuh dengan thermogun, mencuci tangan dengan handsanitizer.

Pada waktu bersamaan, pelantikan dan pisah sambut tersebut diikuti oleh seluruh perangkat di kecamatan secara virtual. (*)

Print Friendly, PDF & Email