Hadapi Bank Keliling, Provinsi Siapkan Kredit Mesra

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami ketika tiba di lokasi acara Gebyar Muharam dan bakti sosial di Kampung Cikembang, Desa Caringin Wetan, Kecamatan Caringin.

Wartawan Usep Mulyana

Menghadapi makin maraknya bank keliling dan bank émok, Pemprov Jawa Barat akan meluncurkan program kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera). Program ini akan dijalankan oleh Bank Jabar Banten (Bank BJB) Syariah. Melalui kredit Mesra, masyarakat dapat memperoleh pinjaman tanpa bunga dengan prosedur yang simpel dan cepat.

banner 970x90

Hal itu dikatakan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami saat menyampaikan pidato pada acara tabligh akbar dalam rangka menyambut tahun 1441 Hijriyah di Masjid Jami Al-Hikmah, Kampung Sungapan, Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Minggu (1/9/2019) malam.

“Cara mendapatkan pinjaman dari kredit Mesra sangat mudah. Cukup datang ke masjid, lalu ikut mengaji, nanti diberi rekomendasi oleh ketua DKM untuk mendapatkan pinjaman,” kata bupati. 

Program kredit Mesra, lanjut Marwan, akan diluncurkan dalam waktu dekat oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Bupati menerima titipan pesan dari gubernur waktu peresmian Bendung Leuwisapi di Warungkiara, Sabtu (31/8/2019) lalu agar segera mensosialisasikan program Mesra ke masyarakat.

“Kemarin Pak Gubernur menyampaikan agar mensosialisasikan program Mesra dan dalam waktu dekat diminta untuk segera melauncingnya. Program pinjaman ini tanpa bunga, tanpa agunan untuk menghindari rentenir,” tutur Marwan.

Bagi warga yang ingin mendapatkan pinjaman yang lebih besar, maka  dia harus bekerja keras untuk menghafal Al-Quran. Selain untuk memberantas lintah darat, program Mesra digulirkan dalam rangka menumbuhkembangkan para pelaku UMKM dan membantu warga yang kurang mampu.

“Proses pengajuannya melalui DKM yang akan bekerja sama dengan Bank BJB. Syarat utama untuk memperoleh pinjaman ini cuma bisa mengaji. Kabupaten Sukabumi sudah punya program Maghrib Mengaji. Dari program ini, kita tinggal menikmati hasilnya. Kalau ingin pinjamannya lebih besar, perbanyak hafalannya,” jelas bupati.

Program kredit Mesra, kata dia, sejalan dengan visi mewujudkan masyarakat yang religius dan mandiri. Visi kereligiusan merupakan penguatan akhlak yang dilanjutkan dengan pencapaian kemandirian setelah sumber daya manusianya memiliki fondasi akhlak yang kuat.

Sepanjang hari pertama bulan Muharam 1441 Hijriyah, selain di Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Bupati Sukabumi juga menghadiri kegiatan di dua lokasi berbeda. Kegiatan pertama di acara Gebyar Muharam dan bakti sosial yang digelar Himpunan Pemuda Cikembang (HIPCI) di Kampung Cikembang, Desa Caringin Wetan, Kecamatan Caringin.

Lokasi kedua di tempat Syukuran Hari Jadi ke-8 Yamaha King Club’s (YKCS) di Lapang Cijagung, Kecamatan Kadudampit yang diisi dengan tabligh akbar. Bupati mengapresiasi kegiatan sosial dan keagamaan yang diselenggarakan oleh HIPCI karena murni swadaya dan inissiatif masyarakat, tanpa sponsor. (*)

Print Friendly, PDF & Email