Wakil Kapolda Arahkan Kapolres untuk Bantu KPU dalam Pengadaan APD

oleh -
Kapolres Sukabumi AKBP M. Lukman Syarif, S.IK., M.H. saat mengikuti rapat virtual persiapan Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2020 bersama Wakapolda Jabar Brigjen Pol Akhmad Wiyagus.

Wartawan M. Ridwan

Wakil Kapolda Jawa Barat Brigjen Pol Akhmad Wiyagus menegaskan, Pilkada 2020 di Kabupaten Sukabumi harus aman dan sehat. Karena itu Wakapolda mengarahkan Kapolres Sukabumi dan pemda untuk membantu KPU Kabupaten Sukabumi dalam pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk penyelenggaraan Pilkada.

banner 970x90

Arahan Brigjen Wiyagus itu disampaikan pada zoom meeting bersama jajaran Polres Sukabumi, KPU Kabupaten Sukabumi, Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Kamis (2/7/2020). Materi yang dibahas dalam zoom meeting itu seputar persiapan dan kesiapan pelaksanaan tahapan Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2020.

Pada pertemuan virtual itu Wakapolda berposisi di Mapolda Jabar, sedangkan para pejabat daerah mengikutinya di di ruang TI Polres Sukabumi, Jalan Jenderal Sudirman Palabuhanratu.

“Kami tegaskan, Kapolres membantu dan memfasilitasi kebutuhan KPU dengan pemdanya terutama dalam pengadaan APD untuk penyelenggaraan Pilkada,” kata dia.

Menghadapi situasi menjelang Pilkada, ujar Brigjen Wiyagus, pelaksana dan penyelenggara dan unsur-unsur pendukungnya jangan underestimate. Sesuaikan kebijakan dengan situasi di tengah kondisi wabah Covid-19, baik zona hijau maupun zona kuning.

“Kita juga harus terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan menggunakan sarana teknologi sesuai anjuran pemerintah dalam pelaksanaan new normal,” kata Wakapolda.

Di Sukabumi, peserta zoom meeting terdiri dari Kapolres Sukabumi AKBP M. Lukman Syarif, S.IK., M.H., Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Ferry Gustaman, dan Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi Teguh Haryanto dengan jajarannya masing-masing.

Pada rapat virtual itu Kapolres Sukabumi menyampaikan, dirinya telah menugaskan Kasat Intelkam untuk selalu mengawal kegiatan KPU Kabupaten Sukabumi selama menjalankan tahapan-tahapan Pilkada 2020.

“Kami juga telah mendirikan Posko Pengamanan di Kantor KPU Kabupaten Sukabumi,” kata AKBP Lukman. 

Di tempat yang sama, Ketua KPU Kabupaten Sukabumi menyatakan jajarannya siap melaksanakan tahapan-tahapan Pilkada 2020. Untuk menghadapi kerawanan, KPU Kabupaten Sukabumi, langkah-langkahnya disesuaikan dengan tahapan yang dilaksanakan.

“Selama ini koordinasi dengan Polres Sukabumi sudah sangat baik,” ujar Ferry.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi Teguh Haryanto menyatakan jajarannya bersama Polres Sukabumi siap mengawal pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Sukabumi. (*)  

Print Friendly, PDF & Email