Pagelaran Silat Sukabumian Disambut Antusias oleh Masyarakat

oleh -
Pagelaran pencak silat oleh para murid PS Sukabumian Kujang Kencana mendapat sambutan yang antusias dari masyarakat.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Perguruan Silat (PS) Sukabumian Kujang Kencana yang padepokannya terletak di Kampung Panjalu RT 10 RW 02, Desa Warnasari,  Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi rutin membuat pagelaran seminggu dua kali. Setiap Senin dan Jumat malam, murid PS Sukabumian Kujang Kencana menampilkan kebolehan dalam memainkan jurus dan kekuatan fisik.

banner 970x90

Pagelaran tersebut mendapat sambutan warga di Kampung Panjalu dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang-orang tua. Sebagian murid padepokan berasal dari kampung tersebut. Kadang-kadang tampil juga pesilat dari perguruan lain yang ikut memeriahkan pertunjukan atau warga dari kampung lain yang sengaja datang untuk menyasikan pagelaran silat. 

“Alhamdulillah warga begitu antusias menonton pertunjukan pencak silat,” kata tokoh pemuda di Kampung Panjalu, Rahmat kepada wartawan, Kamis (2/7/2020).

Sebagai komponen anak bangsa dari kalangan pemuda, Rahmat mendukung pagelaran tersebut karena merupakan upaya pelestarian budaya Sunda agar tidak punah. Apalagi para peserta pagelaran berasal dari kalangan generasi penerus berusia muda mulai siswa kelas 3 SD sampai SMA sederajat.

Pagelaran dilaksanakan di lapang futsal. Pertunjukan dilengkapi waditra yang cukup lengkap yakni kendang, gong, terompet, dan kecrék. Dengan hadirnya berbagai alat musik tersebut pertunjukan semakin meriah dan hidup.

Nama PS Sukabumian Kujang Kencana melegenda di Sukabumi. Perguruan silat ini didirikan tahun 1960. Pimpinan sekaligus guru besar perguruan ini adalah pesilat tangguh dan terkenal Iping Marseli. Dalam mengelola perguruan dan melatih para muridnya, Iping didampingi wakilnya Heri Susanto.  

Kepada wartawan, Heri menyampaikan rasa syukur atas sambutan dan antusiasme warga Kampung Panjalu terhadap pagelaran pencak silat. Berkat dorongan warga seperti itu, kata Heri, dia dan rekan-rekannya tetap dapat menjaga semangat dalam melestarikan pencak silat.

“Pencak silat itu bukan sekedar ilmu bela diri, melainkan juga untuk olahraga guna menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh,” ucap Heri.

PS Sukabumian Kujang Kencana telah meraih berbagai prestasi di dunia persilatan. Heri mengharapkan pagelaran yang diselenggarakannya dapat meningkatkan minat dan hasrat masyarakat terhadap upaya mengembangkan pencak silat. Dia pun mengajak masyarakat dari berbagai kalangan untuk ikut bergabung ke dalam perguruan silat yang diasuhnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email