UPZ Desa PDI Serahkan Bantuan Renovasi RTLH kepada Kaum Dhuafa

oleh -
Koordinator UPZ Desa PDI Saepul Alam secara simbolis menyerahkan bantuan RTLH kepada perwakilan pihak keluarga Otong yang diterima oleh Dudun (tengah ) dan Abeng (kiri).

Wartawan Usep Mulyana (KOWASI)

Unit Pengelola Zakat (UPZ) Desa Pasir Datar Indah (PDI), Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi menyerahkan bantuan untuk renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) kepada kaum dhuafa. Penyerahan bantuan dilakukan melalui UPZ DKM Al-Hikmah yang merupakan bagian dari UPZ Desa PDI. Besarnya bantuan yang diserahkan mencapai Rp3 juta yang diterima oleh keluarga Otong.

banner 970x90

“Bantuan ini berasal dari Baznas Kabupaten Sukabumi. Kami mendapat jatah bantuan atas pencapaian sebagai UPZ terbaik di Kecamatan Caringin,” kata Koordinator UPZ Desa Pasir Datar Indah, Saepul Alam kepada wartawan, Selasa (2/7/2019).

Ditetapkannya Otong sebagai penerima bantuan, ujar Saepul, merupakan hasil kesepakatan seluruh jamaah Masjid Al-Hikmah yang lokasinya berdekatan dengan tempat tinggal Otong. Berbekal dana tersebut, masyarakat bergotong royong memperbaiki rumah Otong yang memang tidak layak huni dengan kondisi hampir rubuh.

Ditemui di rumahnya, Otong mengungkapkan rasa syukur dan kebahagiaannya atas diterimanya bantuan dana untuk renovasi RTLH dari Baznas Kabupaten Sukabumi.

“Alhamdulillah, kami mendapatkan berkah yang tidak ternilai harganya. Kalau tidak ada bantuan ini, mungkin rumah saya sudah roboh,” ungkapnya.

Pada bagian lain Saepul menerangkan, besarnya dana ZIS (zakat, infak, sedekah) yang disetorkan UPZ Al-Hikmah ke UPZ Kecamatan Caringin melalui UPZ Desa PDI pada tahun 2019 mencapai sebesar Rp1.650.500. Di Desa PDI terdapat 8 UPZ tingkat DKM, salah satunya UPZ Al-Hikmah. Besarnya dana ZIS yang terkumpul di tiap UPZ tingkat masjid bervariasi antara Rp1 juta hingga Rp2 juta.

Total jumlah ZIS yang dihimpun dari 8 UPZ tingkat DKM se-Desa PDI mencapai Rp 10.738.500. Rinciannya penerimaan dari  zakat sebesar Rp7.660.500 dan dari infak sebesar Rp3.078.000. Dari jumlah itu, dana yang disetorkan ke UPZ tingkat kecamatan mencapai Rp 8.700.000 setelah dipotong hak amilin.  

“Tahun ini kami ditetapkan sebagai UPZ terbaik se-Kecamatan Caringin. Tahun 2018 dan 2017 kami juga UPZ terbaik. Jadi dengan tahun ini, kami telah tiga kali berturut-turut menjadi UPZ terbaik untuk tingkat kecamatan,” ujar Saepul. (*)

Print Friendly, PDF & Email