Program DD di Bojongkembar Berkontribusi pada Peningkatan Pendapatan Petani

oleh -
Bentangan jalan yang terakses langsung ke areal pertanian di Desa Bojongkembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi secara langsung dapat meningkatkan pendapatan petani.

Wartawan Joko Samudro (SUROBOYO)

Program dan kegiatan pembangunan yang dibiayai oleh Dana Desa (DD) di Desa Bojongkembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi memberikan kontribusi nyata pada peningkatan pendapatan dan perekonomian para petani. Salah satunya pembangunan infrastruktur jalan yang dapat memperlancar mobilitas orang dan barang di Desa Bojongkembar.

banner 970x90

“Dengan tersedianya jalan yang layak dilalui kendaraan bermotor, para petani lebih mudah dan murah saat mengirimkan hasil panennya ke pasar atau tempat penampungan,” kata Kepala Desa Bojongkembar, Suminar kepada wartawan, Selasa (2/7/2019).

Kehadiran jalan yang dibangun hingga ke pelosok desa, ujar Suminar, juga dapat mengurangi biaya produksi, khususnya komponen biaya angkut. Area pesawahan dan lahan pertanian lainnya langsung dapat diakses oleh jalan sehingga memudahkan lalu lintas dan distribusi hasil pertanian.

Kepala Desa Bojongkembar, Suminar.  

“Kalau tidak tersedia infrastruktur jalan, para petani harus mengeluarkan biaya yang sangat tinggi untuk angkutan. Dengan demikian terjadi pengurangan biaya produksi.  Bekurangnya biaya secara langsung meningkatkan pendapatan para petani,” tuturnya.

Di Desa Bojongkembar, penggunaan DD difokuskan pada pembangunan infrastruktur, khususnya jalan. Sesuai aturan dari pemerintah, pembangunan infrastruktur mendapatkan alokasi terbesar dalam penggunaan DD di Desa Bojongkembar. (*)

Print Friendly, PDF & Email