PPDB SMPN 4 Warungkiara 85 Persen Gunakan Zonasi

oleh -
SMPN 4 Warungkiara, Kabupaten Sukabumi mengalami penurunan jumlah siswa dari PPDB tahun pelajaran 2019/2020.

Wartawan Joko Samudro (SUROBOYO)

Penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP Negeri 4 Warungkiara, Kabupaten Sukabumi menggunakan sistem zonasi dengan proporsi hingga 85 persen. Sisanya sebanyak 15 persen dialokasikan untuk siswa baru yang menggunakan jalur prestasi, perpindahan tugas orang tua, jalur sosial ekonomi, dan jalur pindahan sekolah.

banner 970x90

“Untuk sistem zonasi, proses seleksi  didasarkan pada jarak rumah calon peserta didik baru ke sekolah,” kata Kepala SMPN 4 Warungkiara,  Ela Rusilawati, S.Pd., M.Si. ketika dihubungi wartawan, Selasa (2/7/2019) petang.

Pendaftaran untuk siswa baru tingkat SMP dilakukan secara serentak di seluruh Kabupaten Sukabumi dari tanggal 1 sampai dengan 6 Juli 2019. Para orang tua bisa mendaftarkan putra-putrinya langsung ke SMPN 4 Warungkiara dengan membawa persyaratan seperti  surat keterangan lulus, salinan surat keterangan hasil ujian (SKHU), ijazah Madrasah Diniyah, KTP orang tua, Kartu Keluarga (KK), dan akta kelahiran.

“Skor penilaian PPDB tahun ini dihitung berdasarkan jarak tempat tinggal calon peserta didik dengan sekolah. Jarak tersebut dihitung dengan memanfaatkan teknologi informasi,” jelas Ela.

Sebelumnya Wakil Kepala SMPN 4 Warungkiara Bidang Sarpras, Hendra Gunawan, S.Pd. mengatakan, PPDB di SMPN 4 Warungkiara murni berdasarkan penilaian, tidak ada titipan. Selain itu dalam PPDB tidak ada biaya sepeser pun alias gratis.

Daya dukung siswa baru di SMPN 4 Warungkiara berasal dari 6 SD yang berada di zonasi sekolah tersebut. Pada hari pertama pendaftaran, sudah 4 SD yang mendaftarkan diri dengan jumlah siswa 97 orang. Tinggal 2 sekolah lagi yang belum mendaftarkan diri.

“Kemungkinan jumlah peserta didik baru tahun ini sekitar 110 orang. Jadi, kami tidak bisa meluluskan siswa dengan jumlah 150 orang seperti tahun ini dari PPDB tahun pelajaran 2019/2020,” ujar Hendra.

Pada bagian lain Hendra menyampaikan harapannya kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi dapat menggelontorkan dana untuk memperbaiki sarana jalan yang ada di lingkungan sekolah. (*)

Print Friendly, PDF & Email