Diskominfosan Siapkan Aplikasi Android Terintegrasi

oleh -
Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfosan, Herdy ‘Bima’ Somantri (membelakangi kamera) ketika memimpin rakor pelayanan pengaduan informasi dan komunikasi publik Pemkab Sukabumi.

Wartawan Usep Mulyana (KOWASI)

Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominfosan) Kabupaten Sukabumi tidak henti-hentinya melahirkan inovasi. Kali ini, dinas yang berkantor di kawasan Cikembar, Kabupaten Sukabumi itu sedang menyiapkan sistem aplikasi berbasis Android yang terintegrasi dengan semua SKPD di lingkungan Pemkab Sukabumi.

banner 970x90

“Ke depan kami akan membuat satu aplikasi yang multifungsi. Nantinya  semua informasi dan layanan di Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi berada di dalam satu aplikasi,” kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfosan, Herdy ‘Bima’ Somantri kepada wartawan, Selasa (2/7/2019).

Dalam program penyiapan sistem aplikasi tersebut, Bima bertindak selaku project leader sebagai penanggung jawab program. Aplikasi yang terintegrasi, ujar Bima,  sangat dibutuhkan untuk menjawab kebingungan masyarakat ketika membutuhkan pelayanan atau informasi dari pemda.

“Saat ini masyarakat sering dibingungkan oleh banyaknya aplikasi dan sistem informasi yang telah disediakan oleh tiap-tiap perangkat daerah. Jadi sistemnya terpisah-pisah dan berdiri sendiri,” jelas Bima.

Dengan aplikasi yang akan segera diluncurkan itu, masyarakat cukup mengunduh satu aplikasi dari Playstore untuk memperoleh informasi tentang Kabupaten Sukabumi yang diinginkan, termasuk  pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemda.

“Di dalam aplikasi ini disediakan berbagai aplikasi seperti e-damkar, e-praja, dan e-ambulan sehingga saat masyarakat membutuhkan informasi atau layanan, mereka  tinggal menggunakan aplikasi tersebut. Bentuk dan prosedur layanan yang diberikan oleh sistem aplikasi mirip-mirip ojek online,” tambahnya.

Ke depan, lanjut dia, masyarakat bisa mengusulkan kegiatan pembangunan di tempat tinggalnya melalui aplikasi tersebut. Nantinya semua input usulan yang masuk ke dalam sistem aplikasi dijadikan bahan rujukan pada  pada muyawarah rencana pembangunan (musrenbang).

Bima mengakui, butuh waktu yang cukup lama untuk merealisasikan sistem aplikasi terintegrasi. Dia minta dorongan dan doa dari semua kalangan masyarakat agar segera dapat menyelesaikan pekerjaan besar tersebut dengan baik untuk melayani masyarakat sesuai harapan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami.

Dalam rangka menuju perwujudkan sistem aplikasi, Bima menggelar rapat koordinasi pelayanan pengaduan informasi dan komunikasi publik Pemkab Sukabumi di Kantor Diskominfosan, Senin (1/7/2019). Rakor ini melibatkan aparatur dari berbagai SKPD di lingkungan Pemkab Sukabumi. (*)

Print Friendly, PDF & Email