BNPB Siap Fasilitasi Penyusunan Dokumen Mitigasi Bencana

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono (kiri) saat menyambut Direktur Pengurangan Risiko pada BNPB RI, Raditia Jati yang mengadakan kunjungan kerja ke Pendopo Palabuhanratu.

Wartawan Usep Mulyana (KOWASI)

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memyatakan kesiapannya untuk membantu Pemkab Sukabumi dalam penyusunan dokumen mitigasi bencana untuk mencegah dan mengurangi risiko bencana. Selain itu, BNPB juga bersedia untuk menyelenggarakan pelatihan bagi kelompok relawan bencana untuk menjadi bagian dari program mitigasi bencana.

banner 970x90

Kesiapan untuk membantu dan memfasilitasi penanggulangan bencana itu disampaikan  Direktur Pengurangan Resiko pada BNPB RI, Raditia Jati saat berkunjung ke Pendopo Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Selasa (2/7/2019). Pada kunjungan tersebut, Raditia diterima oleh Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono.

“Ada beberapa kegiatan yang akan kami lakukan di Kabupaten Sukabumi antara lain pelatihan pencegahan dan penanggulangan bencana dengan peserta dari kalangan pembina Pramuka,” ujar Raditia Jati.

Dokumen mitigasi bencana, lanjut dia, sangat penting sebagai pedoman dalam penanggulangan bencana dan pengurangan risiko bencana. Sebab di dalam dokumen tersebut terdapat penjelasan tentang data daerah rawan bencana, pengkajian risiko bencana, serta kebijakan pemda dalam penanggulangan bencana.

Dalam penanggulangan bencana penting juga dilakukan sosialisasi tentang pengetahuan seputar kebencanaan kepada masyarakat. Hal ini untuk meningkatkan kesiapan dan kesigapan masyarakat guna mengurangi risiko bencana.

“Pengetahuan kebencanaan sangat penting disosialisasikan kepada masyarakat karena materinya tentang langkah-langkah menghadapi bencana. Hendaknya masyarakat segera diberi pengetahuan mengenai  penanggulangan bencana dan pengurangan risiko bencana,” tutur Raditia.

Di tempat yang sama, wakil bupati menyambut baik dan memberikan apresiasi atas kesiapan  BNPB untuk  membantu Pemkab Sukabumi dalam upaya mencegah dan menanggulangi bencana di wilayah Kabupaten Sukabumi. Adjo mengharapkan kegiatan pelatihan penanggulangan bencana oleh BNPB untuk masyarakat dapat meningkatkan  kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

“Alhamdulillah kami bersyukur atas kesiapan BNPB yang terus memfasilitasi upaya pencegahan, pengurangan, dan penanggulangan bencana untuk pra bencana dan pasca bencana di Kabupaten Sukabumi,” ujar wakil bupati. (*)

Print Friendly, PDF & Email