Ribka Bersama BKKBN Jabar Bagikan APD dan Paket Sembako

oleh -
Anggota Komisi IX DPR RI, Ribka Tjiptaning (kiri) secara simbolis menyerahkan paket sembako kepada relawan yang akan membagikannya ke masyarakat.

Wartawan Aep Saepudin (Kowasi)

Bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Jawa Barat, Anggota Komisi IX DPR RI, dr. Ribka Tjiptaning menyalurkan bantuan sosial berupa paket sembako dan alat pelindung diri (APD). Pada aksi sosial itu, Ribka dan BKKBN Jabar membagikan 50 paket sembako secara bertahap kepada warga yang terdampak Covid-19.

banner 970x90

Paket APD dan sembako yang dibagikan berasal dari pemerintah pusat yang diperjuangkan oleh Ribka sebagai legislator di Senayan. Adapun APD diberikan khusus untuk tenaga medis yang jumlahnya puluhan boks.

Secara simbolis, paket bantuan sosial diserahkan kepada empat keluarga di aula Puskesmas Cicantayan Jalan Cijabon, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Selasa (2/6/2020). Kegiatan tersebut dilaksanakan bersamaan dengan sosialisasi dan bakti sosial program pembangunan keluarga bersama mitra kerja di era Covid-19.

Pada kegiatan itu tampak hadir Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jabar, Kusmana, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Sukabumi, Nasihudin; Camat Cicantayan Sendi Apriadi, tuan rumah Kepala Puskesmas Cicantayan, drg Corintje Betty. 

Dalam sambutannya, Ribka membahas tentang cara terbaik untuk menghadapi Covid-19. Salah satunya menjaga dan membangun semangat agar masyarakat tidak panik. Sebab sikap tenang akan menumbuhkan daya tahan tubuh yang kuat guna mencegah tertular penyakit. Tubuh yang daya tahannya lemah akan mudah tertular penyakit, termasuk Covid-19.

“Kami mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungannya masing-masing. Selain itu masyarakat menerapkan protokol kesehatan,” ujar Ribka.

Di tempat yang sama, mewakil BKKBN Provinsi Jabar, Kusmana menjelaskan tugas dan fungsi BKKBN yang salah satunya menyampaikan sosialisasi program pembangunan keluarga di tengah wabah Covid-19.

“Kami juga harus berbagi dengan hati yang suci dan ikhlas agar mendapat rido Allah. Selain itu kami sampaikan kepada Anggota DPR RI bahwa ada 500 paket sembako yang siap dibagikan,” ujar Kusmana.

Sedangkan APD, itu peruntukannya untuk tim medis yang sehari-harinya bersentuhan langsung dengan masyarakat yang berobat ke Puskesmas Cicantayan.

Sementara itu drg Corintje Betty mengucapkan terima kasih kepada Ribka dan BKKBN Perwakilan Jabar yang telah memberikan bantuan berupa paket simbako dan APD. Corintje mengharapkan penyaluran bantuan sosial dan alat kesehatan seperti itu dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan.

“Mudah-mudahan ke depan ada bantuan untuk pengadaan mobil ambulans yang sangat dibutuhkan untuk tranportasi medis di sini. Mobil ambulans yang ada sekarang kondisinya  kurang bagus, sering mogok,” ucap dia. (*)

Print Friendly, PDF & Email