Lelang Proyek Penataan Lapang Merdeka dan Alun-alun Tetap Berjalan

oleh -
Kepala BPBJ Setda Kota Sukabumi, Fahrurrazi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Kebijakan pemerintah yang merelokasi anggaran pembangunan fisik untuk penanganan Covid-19 tidak berpengaruh pada proyek penataan Lapang Merdeka Kota Sukabumi. Sampai sekarang, peroses lelang untuk proyek tersebut masih tetap berjalan. Pemprov Jabar sebagai penyedia anggaran untuk penataan Lapang Merdeka itu belum merealokasi anggaran untuk penanganan Covid-19.

banner 970x90

Begitu juga untuk proyek penataan Alun-alun Kota Sukabumi yang juga dibiayai bantuan Pemprov Jabar, prosesnya masih diteruskan. Adapun kegiatan-kegiatan fisik  seperti pembangunan Puskesmas Nanggeleng dan RSUD Al-Mulk, kelanjutan proyeknya masih dalam proses pembahasan. Kedua pekerjaan ini sama-sama dibiayai bantuan provinsi.

“Proses lelang untuk kegiatan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 sementara waktu dihentikan, sedangkan kegiatan yang dananya berasal dari bantuan keuangan provinsi masih menunggu keputusan lebih lanjut dari Pemprov Jabar,” kata Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Setda Kota Sukabumi, Fahrurrazi di ruang kerjanya, Selasa (2/6/2020).

Untuk triwulan I 2020, ujar Fahrurrazi, proyek lain yang sudah berjalan adalah belanja makan dan minum (mamin). Proyek lainnya beberapa kegiatan di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Kesehatan.

“Kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan masih ada peluang. Kita masih menunggu provinsi,” ujar dia.

Di sisi lain banyak kegiatan yang dibatalkan atau lebih tepatnya ditunda. Selain 9 kegiatan yang dananya bersumber DAK pusat yang sebenarnya telah berjalan, juga beberapa proyek dari provinsi.

“Rencana kegiatan lain seperti penambahan ruang gedung perpustakaan dan pembangunan Gedung BPBD Kota Sukabumi yang dananya bersumber dari bantuan provinsi yang tidak ada hubungannya dengan kesehatan kemungkinan batal,” tambahnya.

Kini, di tengah pandemi Covid-19, jajaran BPBJ masih tetap melayani beberapa konsultasi terkait pengadaan barang dan jasa. Termasuk dalam materi konsultasi tersebut antara lain anggaran BTT (Belanja Tak Terduga) untuk Covid-19. (*)

Print Friendly, PDF & Email