Wali Kota Berbahagia Bisa Memberangkatkan Pemudik ke Kampung Halaman

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi mengibarkan bendera start untuk memberangkatkan armada program Mudik Gratis di halaman Dishub Kota Sukabumi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi mengaku sangat berbahagia ketika melepaskan ratusan pemudik untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing. Di tahun-tahun mendatang, wali kota berjanji akan meningkatkan fasilitas dan pelayanan untuk memberikan kepuasan kepada para pemudik.  

banner 720x90

Ungkapan rasa bahagia wali kota itu disampaikan setelah melepas bus yang digunakan peserta program Mudik Gratis yang dibiayai Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat dan Dishub Kota Sukabumi. Penglepasan rombongan pemudik digelar di halaman Dishub Kota Sukabumi, Jalan Arif Rahman Hakim Kota Sukabumi, Sabtu (1/6/2019).

“Kami merasa bahagia bisa memberikan layanan mudik gratis kepada masyarakat. Program ini tentunya memiliki makna yang berarti karena masyarakat terbantu bisa pulang ke kampung halaman secara gratis. Armada bus yang disediakan juga dapat memberikan kenyamanan kepada para pemudik,” kata Fahmi.

Pada program itu, penyelenggara mengerahkan 17 bus dengan rincian 15 unit dari Dishub Provinsi, 1 bus milik Pemkot Sukabumi, dan 1 bus dari Damri. Jumlah pemudik yang ikut Mudik Gratis mencapai 748 orang. Wali kota mengharapkan untuk tahun-tahun mendatang, jumlah bus untuk program mudik gratis bisa bertambah.

Sementara itu Kepala Dishub Kota Sukabumi, Abdul Rachman menyampaikan, dari tahun ke tahun, antusiasme masyarakat pada program mudik gratis terus meningkat. Untuk tahun ini, jatah kursi mudik gratis habis dalam jangka waktu empat hari. Tahun depan, jajarannya harus mengantisipasi terjadinya peningkatan peserta Mudik Gratis.

“Para pemudik juga dijamin oleh Jasa Raharja untuk asuransi jiwa. Sebelum pemberangkatan, kami melakukan pengecekan untuk kelayakan jalan atau rampchek. Selain itu, BNN melakukan tes urine untuk para pengemudi dan awak bus. Kami juga membuka pos layanan kesehatan,” jelas Abdul.

banner 720x90

Para pemudik dibagi ke dalam tiga rute. Rute pertama tujuan Yogyakarta melewati jalur utara melewati Tol Cipali-Tegal- Bumiayu-Purwokerto-Kebumen-Purworejo- Wates-Yogyakarta. Rombongan kedua tujuan Yogyakara melewati jalur selatan yang melewati Tol Purbaleunyi-Malangbong-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar-Purwokerto- Kebumen-Puworejo-Wates-Yogyakarta. Rombongan ketiga jurusan Solo via Semarang dengan rute Tol Cipali-Tegal-Pekalongan-Semarang-Boyolali-Solo.

Pada acara penglepasan mudik gratis, Dishub menggelar pemberian santunan kepada 100 anak yatim piatu. Panitia menyediakan panggung musik untuk menghibur pemudik yang akan menaiki busnya masing-masing. Dishub juga memberikan makanan untuk takjil kepada para pemudik.

Sementara itu dalam keterangannya, Kepala BNNK Sukabumi, Deni Yus Danial mengatakan, dari tes urine kepada 34 awak bus tidak ditemukan kasus penggunaan narkoba. Tes urine tersebut, ujar Danial, bertujuan untuk mendeteksi secara dini penyalahgunaan narkoba oleh awak kendaraan. (*)

Print Friendly, PDF & Email