Gagasan Pembangunan Kantung Parkir Belum Direspon Investor

oleh -
Kondisi Jalan Ahmad Yani selalu crowded setiap harinya, apalagi di musim ramai menjelang Idul Fitri seperti sekarang.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Gagasan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi tentang pembangunan gedung parkir untuk mengurai kesemrawutan arus lalu lintas belum mendapatkan respon dari kalangan investor. Sejak gagasan tersebut dilontarkan oleh Fahmi, belum ada satu investor pun yang mendaftarkan diri untuk merealisasikannya.

banner 970x90

“Harapan kami kantong-kantong parkir itu harus dibuat di beberapa titik. Untuk Jalan Ahmad Yani ada dua kantong parkir yang harus dibangun berdasarkan hasil kajian. Ini menjadi pekerjaan rumah terberat bagi pemda,” kata wali kota kepada wartawan, Sabtu (1/6/2019).

Rencananya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi akan membangun dua lokasi kantong parkir yang akan dibangun yaitu di daerah Jalan R. Syamsudin dan di sekitar Citimall di Jalan Ahmad Yani. Setelah Lebaran nanti, ujar Fahmi, akan ada pertemuan dengan manajemen Citymall untuk membahas rencana tersebut. 

Ketika ditanya, apakah pengelolaan parkir akan kembali dikerjasamakan dengan pihak ketiga atau tetap ditangani UPT Parkir, Fahmi menjelaskan hal tersebut masih dalam pembahasan. Namun, lanjutnya, hal yang terpenting sekarang adalah membangun kantong parkir.

Pada bagian lain Fahmi mengimbau masyarakat untuk mulai beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke angkutan umum. Pengalihan ini merupakan bagian dari upaya untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas di Kota Sukabumi. Setiap bulan di Kota Sukabumi terjadi penambahan 1.500 unit kendaraan baru, sementara panjang ruas jalan tidak pernah bertambah.

“Salah satu upaya kami untuk membiasakan masyarakat menggunakan angkutan umum adalah mengoperasikan bus rapid transit atau BRT. Kami juga akan mengoperasikan bus wisata,” ujar Fahmi. (*)

Print Friendly, PDF & Email