Di Pasar Rakyat Jalur, Harga Bawang Putih dan Cabai Merah Melambung Tinggi

oleh -
Para pedagang sayur-sayuran di Pasar Rakyat di Jalan Jalur tidak mampu mengerem kenaikan harga bawang putih dan cabai merah.

Wartawan Aep Saepudin (KOWASI)

Harga bawang putih dan cabai merah di pasar rakyat di Jalan Jalur Sukabumi melambung tinggi hingga melewati batas harga atas normal. Para penjual sayur-sayuran di pasar tersebut melepas bawang putih dengan harga Rp96 ribu dan cabai merah dengan harga Rp72 ribu perkilogram. Biasanya harga normal untuk bawang putih paling tinggi Rp40 ribu dan cabai merah antara Rp30 ribu hingga Rp40 ribu.

 “Harga sayur-sayuran menjelang Lebaran ini naik. Kami terbiasa berbelanja di Pasar Rakyat tiap hari Minggu. Segala jenis barang tersedia di pasar ini,” kata Wati (38), warga Cicantayan, Kabupaten Sukabumi ketika sedang berbelanja di Pasar Rakyat, Minggu (2/6/2019).

Kenaikan harga bawang putih dan cabai merah merupakan hal yang memberatkan bagi Wati dan ibu rumah tangga yang lainnya. Apalagi pada H-3 Idul Fitri ini, kebutuhan rumah tangga semakin banyak dan pengeluaran kian membesar. Setiap rumah tangga lebih banyak membutuhkan bahan makanan dan bumbu-bumbu untuk menghadapi Lebaran dan hari-hari sesudahnya.

Kenaikan harga tidak hanya terjadi pada kedua jenis komoditas tersebut. Beberapa bahan pokok penting juga mengalami kenaikan harga.  Minyak sayur, harganya naik dari Rp12 ribu menjadi Rp13 ribu perkilogram. Harga gula pasir juga naik dari Rp12,5 ribu menjadi Rp13,5 ribu perkilogram.

Pasar Rakyat merupakan pasar tumpah dadakan di sepanjang Jalan Jalur mulai pertigaan Cibolang hingga pertigaan Mangkalaya. Para pedagang berjejer di jalan milik Pemprov Jawa Barat tersebut dengan panjang mencapai sekitar 3 kilometer. Pasar ini beroperasi setiap hari Minggu, tidak pada hari yang lainnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email