Wirausaha dan Sanitarian Cidadap Demonstrasikan Pembuatan Jamban Sehat

oleh -
Petugas sanitarian dari Puskesmas Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Ugi Sugilar, A.M.Kep. (berjongkok) bersama wirausaha sanitarian (wusan) menujukkan cara membuat jamban sehat yang murah.

Wartawan HAMJAH

Wirausaha sanitasi (wusan) dan petugas kesehatan lingkungan (sanitarian) Puskesmas Cidadap, Kabupaten Sukabumi mendemostraikan cara membuat jamban sehat di rumah Hoer di Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kamis (2/5/2019). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

banner 970x90

Demontrasi itu dilakukan sanitarian Puskesmas Cidadap, Ugi Sugilar, A.M.Kep. dan wusan Cidadap bernama Hamjah. Mereka menunjukkan cara membuat jamban sehat yang praktis dan murah. Untuk membuat jambah tersebut, warga tidak butuh biaya besar dan berbagai jenis material. Mereka dapat memiliki jamban sehat yang tahan lama tanpa harus merogoh kocek yang dalam.

“Di Cidadap baru kali ini kami kenalkan cara membuat jamban sehat yang murah. Selama ini warga harus mengeluarkan biaya yang besar untuk membuat WC,” kata Hamjah ditemui di tengah kegiatan demonstrasi. 

Dengan inovasi yang dikembangkannya, untuk membuat jamban sehat, warga cukup menyediakan sedikit pasir dan semen tiga sak. Dia menjamin, konsep yang ditawarkannya dapat menghasilkan jamban sehat yang menunjang pembangunan kesehatan lingkungan.

Sementara itu Ugi Sugilar menjelaskan, di wilayah kerjanya masih banyak warga yang belum memiliki jamban sehat di rumahnya. Kegiatan yang digelar bersama wusan, ujarnya, merupakan pembinaan yang akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan. 

“Jamban sehat ini mendukung program Pemkab Sukabumi yaitu Open Depection Free atau ODF yang disebut pula stop buang air besar sembarangan. Dengan tersedianya jamban sehat, program tersebut akan cepat terwujud,” kata Ugi.

Pada bagian lain Ugi menjelaskan, pembuangan tinja ke kali dapat mencemari lingkungan sekitar dan lebih parah lagi dapat menyebabkan stunting yaitu persoalan gizi kronis yang berdampak terhadap kondisi tubuh menjadi tidak normal atau kerdil.

“Sebaliknya perilaku menggunakan jamban sehat merupakan cara yang paling efektif, sederhana, dan murah untuk mencegah penyakit-penyakit seperti diare, tifus, kolera, dan disentri,” tambahnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email