Lulusan SMP Al-Fath Unggul dalam Bahasa dan Pencak Silat

oleh -
Pengurus yayasan, kepala sekolah, para guru, orang tua, dan alumni SMP ITQ Al-Fath pada acara penglepasan lulusan angkatan pertama tahun pelajaran 2018/2019. Duduk pada baris kedua, kelima dari kiri adalah Pimpinan Pondok Pesantren Dzikir Al-Fath, KHM. Fajar Laksana.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Lulusan SMP Islam Tahfidz Quran  (ITQ) Al-Fath memiliki keunggulan dalam bahasa dan ilmu bela diri. Sebab selama menuntut ilmu di sekolah unggulan tersebut, mereka digembleng Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan cabang bela diri pencak silat. Para lulusan juga memiliki kualifikasi sebagai penghafal Al-Quran paling sedikit 5 juz.

banner 970x90

Hal itu dikatakan Pimpinan Pondok Pesantren Dzikir Al-Fath, KHM. Fajar Laksana setelah mengikuti acara penglepasan alumni angkatan pertama SMP ITQ Al-Fath Kelas IX Wahid Generation tahun ajaran 2018-2019 di Gedung Wanita, Jalan Laksamana RE. Martadina Kota Sukabumi, Rabu (1/5/2019). Fajar yakin, lulusan pertama dapat menunjukkan kualitas dan keunggulan sebagai siswa SMP Al-Fath.

“Insya Allah, selain hafal Al-Quran, lulusan sekolah kami menguasai Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Berbekal ilmu yang diperolehnya selama di sekolah diharapkan para alumni angkatan pertama itu dapat menjadi generasi unggul yang berakhlakul karimah,” ujar dia.

Dari 38 lulusan yang dilepas, ujar Fajar, semuanya memiliki kemampuan tahfidz Al-Quran. Sebagian dari alumni hafal minimal 5 juz, mayoritas hafal 10 juz, dan ada juga yang hafal 30 juz.

“Alhamdulillah kemampuan ini dapat dicapai berkat kerja sama para siswa dan guru dalam menghafal Al-Quran. Dan faktor yang paling penting adalah dorongan dan dukungan dari orang tua,” kata dia.

Yayasan Al-Fath memiliki lembaga pendidikan tingkat PAUD, SD, MD, SMP, SMA, MA, hingga perguruan tinggi. Di setiap tingkatan pendidikan, Yayasan Al-Fath menerapkan pelajaran tafidz Al-Quran secara bertahap dan konsisten yang disesuaikan dengan umur para siswa.

“Para siswa yang secara berjenjang menamatkan pendidikan di sekolah kami, mereka akan mendapat beasiswa di perguruan tinggi yang kami kelola,” jelas dia.

Animo masyarakat untuk bersekolah di lingkungan Yayasan Al-Fath terus meningkat. Untuk tahun pelajaran 2019/2020, SMP ITQ Al-Fath telah menerima aplikasi dari 70 orang calon siswa. Pihak Al-Fath akan melakukan penelusuran minat dan bakat terhadap para calon siswa tersebut agar mereka dapat mengikuti dan menyelesaikan kegiatan belajar di SMP ITQ Al-Fath dengan baik dan lancar. 

Acara penglepasan alumni SMP ITQ Al-Fath diisi dengan berbagai kegiatan mulai upacara adat sunda, adu jawara, dan permainan bola leungeun seuneu (boles) atau bola tangan api, pembacaan ayat suci Al-Quran, dan hadroh. (*)

Print Friendly, PDF & Email