Lahan Bekas Terminal Mulai Diminati Pedagang

oleh -
Satu demi satu, pelaku UMKM dan pedagang mulai mengisi lapak-lapak yang dibangun di lahan eks Terminal Kota Sukabumi di Jalan Jenderal Sudirman.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Lapak-lapak di lahan bekas di bekas Terminal Bus Sudirman Kota Sukabumi mulai diisi para pedagang sesuai fungsi dan tujuan awalnya. Para pedagang dari kalangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) mengisi bagian depan lapak dari sisi Jalan Jenderal Sudirman untuk menjajakan barang dagangan mereka.

banner 720x90

“Sementara lahan bekas Terminal Kota Sukabumi di Jalan Jenderal Sudirman digunakan sebagai tempat penampungan para pedagang Pasar Pelita. Tujuannya baik yakni memberikan kesempatan kepada para pedagang untuk tetap berjualan sambil menunggu tuntasnya pembangunan Pasar Pelita,” kata Kepala Diskop UKM-PP (Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian) Kota Sukabumi, Drs. Ayep Supriatna, M.M. kepada wartawan, Kamis (2/5/2019).

Sayangnya, ujar Ayep, tujuan yang baik itu kurang mendapat respon dari para pedagang. Karena  hingga saat ini, kebanyakan dari pedagang Pasar Pelita tidak kunjung pindah ke lahan bekas terminal tersebut. Mereka lebih suka berjualan di sekitar lokasi proyek pembangunan Pasar Pelita.

“Kami terus mengajak para pedagang dan pelaku UMKM di Kota Sukabumi untuk mengisi lapak-lapak yang tersedia di lahan eks terminal,” tutur dia.

Dijelaskannya, atas inisiatif tersebut, saat ini sudah ada beberapa pedagang dan pelaku UMKM yang mengisi lapak pada bekas lahan terminal tersebut. Sebagian dari mereka sangat antusias mengisi lapak-lapak di sana.  

“Lokasi lahan bekas terminal sangat strategis serta sangat mudah dijangkau dari bebagai arah dan jurusan. Beberapa angkot melewati tempat ini,” tambah Ayep.

banner 720x90

Berbagai upaya untuk menarik minat masyarakat agar datang ke lokasi bekas terminal tersebut sudah dan akan senantiasa dilakukan oleh Diskop UKM-PP Kota Sukabumi beserta para pedagang dan pelaku UMKM. Baru-baru ini digelar acara pentas musik di lokasi bekas terminal tersebut.  

“Kegiatan dan acara di lokasi bekas Terminal Bus Sudirman mendapat respon positif dari masyarakat maupun dari para pedagang dan pelaku UMKM. Buktinya banyak masyarakat yang datang untuk menyaksikan dan mengikuti kegiatan di tempat tersebut,” kata Ayep.

Dikatakannya pula, kendati kebanyakan pedagang Pasar Pelita enggan pindah ke lokasi bekas Terminal Bus Sudirman, namun area di sekitar pembangunan Pasar Pelita Kota Sukabumi sudah bersih dari para pedagang. Hal tersebut sangat menunjang kelancaran dan percepatan proses pembangunan pasar tersebut.

Pemkot Sukabumi mentargetkan, proses pembangunan Pasar Pelita bisa selesai pada triwulan terakhir tahun ini. (*)

Print Friendly, PDF & Email