Para Pemula Bisnis yang Ingin Maju, Datanglah ke PLUT!

oleh -
Koordinator Konsultan PLUT KUMKM, Imelda Devina siap menyelenggarakan layanan konsultasi bisnis bagi pelaku usaha di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Usep Mulyana (Kowasi)

Bagi para pemula bisnis atau pelaku usaha yang ingin mengembangkan usaha yang telah berjalan, tempat konsultasi yang cocok adalah Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (KUMKM). Selain memiliki kapasitas untuk memberikan konsultasi kepada pelaku KUMKM, PLUT juga tidak memungut biaya.

“Kami memberikan layanan konsultasi bisnis, pendampingan atau mentor bisnis, promosi dan pemasaran, akses pembiayaan, pelatihan bisnis, netwoking, dan layanan pustaka entrepreneur. Semua layanan tersebut gratis, tanpa biaya,” kata Koordinator Konsultan PLUT KUMKM Kabupaten Sukabumi, Imelda Devina ketika ditemui di kantornya, Kawasan Pubangdai Cikembar, Senin (1/4/2019).

Warga yang akan konsultasi ke Imelda dan kawan-kawan terbagi dalam dua kelompok besar yaitu pelaku usaha yang baru akan memulai bisnis atau mereka yang ingin mengembangkan bisnisnya. PLUT siap menerima dua kelompok tersebut dengan tangan terbuka.  

Biasanya pengembangan usaha identik dengan promosi dan perluasan pasar serta permodalan. Para konsultan PLUT dengan segudang pengalaman dan kepakaran yang dimilikinya siap memberikan konsultasi bisnis secara gratis kepada para pelaku usaha di seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi dengan perlakuan yang sama. PLUT juga siap memberikan bimbingan bagi para pelaku usaha.

“Kami juga melakukan bimbingan Sumber Daya Manusia, manajemen usaha, manajemen kualitas produk, hak intelektual, kerja sama usaha, dan pemanfaatan teknologi informasi,” tambahnya.

Sudah banyak, lanjut dia, perorangan atau kelompok usaha yang dibina dan difasilitasi oleh PLUT KUMKM. Saat ini, ada sekitar 100 UMKM dan 20 koperasi yang menggunakan jasa baik konsultan PLUT untuk pendampingan secara ekslusif. 

”Kami akan menerima semua pelaku usaha yang ingin berkonsultasi dengan kami. Kami gembira kalau para pelaku usaha di Kabupaten Sukabumi mau memanfaatkan PLUT sebagai solusi bisnis,” ujar Imelda.

“Silahkan datang ke PLUT, kami senantiasa terbuka kepada siapa pun yang mau meningkatkan kapasitas bisnisnya. Kami ingin PLUT memberikan dampak pada kemandirian ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Sukabumi,” tambahnya. 

Masyarakat yang ingin memperoleh informasi melalui telepon seputar layanan konsultasi bisnis PLUT, bisa menghubungi nomor 08562277911. (*)

Print Friendly, PDF & Email