Dihadiri Camat Ali dan Kabid IKP, Pemdes Sasagaran Sosialisasi DD 2019

oleh -
Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) pada Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi, Herdy ‘Bima’ Somantri (paling kiri) saat menghadiri sosialisasi Dana Desa tahun 2019 di Desa Sasagaran, Kecamatan Kebonpedes.

Wartawan Usep Mulyana

Pemerintah Desa Sasagaran, Kabupaten Sukabumi menggelar sosialisasi Dana Desa (DD) tahun 2019 di balai desa setempat Jalan Raya Bojonggaling-Sasagaran Km 8 Nomor 10, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Selasa (2/4/2019). Sosialisasi dihadiri perangkat desa, para ketua RW dan RT, BPD, LPMD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta tokoh masyarakat.

Di lokasi kegiatan tampak hadir Camat Ali Iskandar dan Muspika Kebonpedes, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) pada Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi, Herdy ‘Bima’ Somantri, dan tuan rumah Kades Sasagaran Udan Abdullah.

Saat meresmikan acara tersebut, Camat Ali mengatakan, Sasagaran merupakan desa kedua di Kecamatan Kebonpedes yang melakukan sosialisasi DD.

“Kegiatan sosialisasi anggaran ini adalah wujud nyata keterbukaan dalam membangun desa. Pemerintah Desa Sasagaran akan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang disosislisasikan di forum ini,” kata Ali.  

Di era keterbukaan seperti sekarang ini, ujar camat, banyak kalangan yang harus dilibatkan dalam kegiatan pembangunan agar hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat. Sinergtas di antara pentahelix yang terdiri dari akademisi, pelaku bisnis, pemerintah, komunitas, dan media juga perlu terus ditingkatkan.

“Masyarakat harus mengetahui pembangunan yang akan dijalankan sehingga distribusi informasi pembangunan menjadi penting, baik melalui media sosial, media massa, atau media informasi lainya,” ujar dia.  

Di tempat yang sama, Kepala Desa Sasagaran Udan Abdullah menyampaikan,  total pendapatan APBDes Sasagaran tahun 2019 mencapai Rp1.504.585.500. Dana sebesar itu bersumber dari Pendapatan Asli Desa (PADes) Rp10.000.000, DD Rp 792.752.000, Dana Bagi Hasil Rp95.897.300, Alokasi Dana Desa (ADD) Rp472.560.800, Bantuan Propinsi Rp127.288.000, Bantuan Keuangan dari Pemkab Sukabumi Rp6.087.400.  

Realisasi penggunaan anggaran tahun 2019 di Desa Sasagaran, jelas kades, akan direalisasikan dan dijalankan sesuai dengan APBDes tahun 2019.

“Sosialisasi Dana Desa ini dimaksudkan untuk menyampaikan secara terbuka kepada masyarakat terkait perencanaan, pembangunan, sekaligus penggunaan Dana Desa. Transparansi dalam penggunaan anggaran sangat penting untuk membangun kepercayaan dan dukungan masyarakat terhadap kegiatan pembangunan,” tambahnya.

Pada tahun 2018, lanjut dia, Pemdes Sasagaran, telah melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan dalam bentuk kegiatan fisik; pemberdayaan masyarakat; dan berbagai kegiatan di bidang-bidang sosial, pendidikan, dan kesehatan.

“Keterbukan informasi menjadi ruh dalam kegiatan pembangunan untuk mewujudkan desa lebih baik, kecamatan lebih baik, dan Sukabumi yang lebih baik,” ungkapnya.  

Sementara itu Kabid IKP, Herdy Somantri menyampaikan bahwa dalam menjalankan pembangunan masyarakat perlu mengetahui hal-hal yang manyangkut planning, budgeting, dan reporting.

“Seharusnya memang seperti itu sehingga masyarakat bisa bersama-sama mengetahui dan mendukung pembangunan yang akan dilaksanakan di desa. Transparansi dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat dan akan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menjadikan lebih baik,” jelasnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email