Realisasi Pembangunan di Ciheulangtonggoh Mengacu pada Hasil Musdes

oleh -
Renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) di Desa Ciheulangtonggoh menjawab harapan warga kurang mampu untuk memiliki rumah layak huni.

Wartawan Nanang Setiana

Realisasi pembangunan di Desa Ciheulangtonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi mengacu pada hasil musyawarah desa (musdes), baik musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) maupun musyawawah lainnya. Dengan demikian, hasil dari kegiatan pembangunan selalu dapat dinikmati secara langsung oleh masyarakat.

“Musyawarah desa dihadiri oleh berbagai unsur dan komponen yang ada di desa. Mereka mengusulkan aspirasi dan keinginan-keinginan. Hasil musyawarah itu dituangkan dalam bentuk perencanaan pembangunan,” kata Kepala Desa Ciheulangtonggoh, Endang Junaedi kepada wartawan, Jumat (1/11/2019).

Dari proses dan tahap-tahapan tersebut, ujar Endang, Pemdes Ciheulangtonggoh bisa menjamin, realisasi pembangunan selalu sejalan dan sesuai dengan keinginan dan harapan masyarakat. Contohnya dalam penggunaan Dana Desa (DD), kata dia, acuan utamanya adalah tetap hasil musdes. 

“Pembangunan di desa kami yang dilaksanakan tahun 2019 merupakan kegiatan yang skala prioritasnya diusulkan dan diputuskan oleh masyarakat pada musyawarah,” tutur Kades Ciheulangtonggoh.

“Pengalokasian Dana Desa telah menjawab sebagian besar aspirasi masyarakat. Di dalam musyawarah, masyarakat mengusulkan kegiatan pembangunan, kami menyusun perencanaannya dan dengan Dana Desa kami merealisasikannya,” kata Endang.

Dalam banyak hal, pembangunan di Desa Ciheulangtonggoh telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. Kehadiran infrastruktur seperti jalan dapat meningkatkan mobilitas warga serta meningkatkan angkutan barang dan orang sehingga dapat mempercepat perputaran roda ekonomi.  

Kegiatan pembangunan infrastruktur jalan di Desa Ciheulangtonggoh selalu diupayakan untuk memenuhi harapan masyarakat.

Sejak DD diluncurkan, kata Endang, pelaksanaan pembangunan oleh Pemdes Ciheulangtonggoh melalui  Tim Pelaksana Kerja (TPK) selalu mengacu pada Permendagri dan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

“Kami selaku aparat desa akan meneruskan dan memeratakan pembangunan agar sampai ke setiap dusun. Pembangunan harus merata untuk mewujudkan masyarakat sejahtera. Kenyamanan dan keamanan pun terjamin,” ujar Endang.

Salah satu warga Desa Ciheulangtonggoh, Cunang Sugriwan mengapresiasi kinerja Kepala Desa Endang Junaedi beserta jajarannya dalam membangun desa. Dia mengharapkan pembangunan di desanya bisa merata dan sesuai dengan keinginan masyarakat. (*)

Print Friendly, PDF & Email