Bupati: Pancasila Harus Menyatu dengan Gerak Nadi Masyarakat

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami saat membacakan amanat pada upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kabupaten Sukabumi di Lapang Cangehgar Palabuhanratu.

Wartawan M. Ridwan

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengatakan, masyarakat harus menjadikan Pancasila dapat menyatu dengan gerak nadi dan derap seluruh kehidupan. Dengan demikian, Hari Kesaktian Pancasila bisa menjadi pemicu semangat dalam mewujukan masyarakat Kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri menuju Sukabumi yang lebih baik. 

banner 970x90

Pernyataan bupati disampaikan saat memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kabuaten Sukabumi Tahun 2019 di Lapang Cangehgar Palabuhanratu, Selasa (1/10/2019). Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, kata bupati, harus dipandang sebagai upaya melestarikan, mengembangkan, dan mengamalkan Pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji.

“Sebagai warga negara Indonesia maupun sebagai masyarakat Kabupaten Sukabumi sudah selayaknya kita selalu menjaga dan melestarikan Pancasila,” ujar dia. 

Pancasila, lanjut bupati, di samping telah mempersatukan bangsa dan negara secara utuh juga berperan dalam memperkuat sendi-sendi kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan politik di masyarakat. Nilai-nilai Pancasila telah membuat masyarakat di Indonesia semakin matang dalam berkehidupan politik. 

Bupati mengajak seluruh masyarakat serta elemen pemerintahan untuk menjadikan Hari Kesaktian Pancasila  sebagai upaya untuk melestarikan, mengamalkan, mengembangkan, dan mempromosikan Pancasila sebagai sumber nilai.

“Pancasila juga sebagai obat sosial dan pembangkit semangat untuk membangun sikap dan komitmen diri dalam membangun Kabupaten Sukabumi yang berkelanjutan,” tuturnya.

Pada upacara tersebut, bertindak selaku komandan upacara adalah Komandan Kompi A Senapan Batalyon Infanteri 310/Kidang Kancana, Lettu Inf Darkina, sedangkan pembaca naskah Pancasila adalah Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi  Letkol Arm Suyikno, dan pembaca naskah Pembukaan Undang-undang Dasar adalah Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi.

Adapun pembaca ikrar jabatan adalah Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara. Di tempat upacara juga tampak hadir  Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono, Forkopimda Kabupaten Sukabumi; Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri; para kepala SKPD, camat, dan tamu undangan lainnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email