Pembangunan Kantor Kecamatan Palabuhanratu Sudah Tahapan ‘Cut and Fill’

oleh -
Setelah penyelesaian pekerjaan fondasi, pembangunan Kantor Kecamatan Palabuhanratu dilajutkan dengan proses cut and fill lahan.

Wartawan M. Ridwan

Tahapan pembangunan Kantor Kecamatan Palabuhanratu di Blok Gunungsumping Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi sudah menyelesaikan pembuatan fondasi. Saat ini prosesnya masih dalam tahap cut and fill lahan dan penyiapan berbagai komponen untuk pekerjaan cor.

banner 970x90

Salah seorang koordinator lapangan untuk pembangunan Kantor Kecamatan Palabuhanratu, H. Arof menjelaskan, seluruh pekerjaan akan selesai sebelum bulan Desember 2020 sesuai dengan kontrak. Pelaksana, kata dia, akan mengerahkan semua sumber daya untuk mencapai target penyelesaian pekerjaan.

“Tenaga dan peralatan akan dikerahkan untuk menyelesaikan kegiatan pembangunan kantor kecamatan ini,” kata Arof ketika ditemui di lokasi pembangunan, Selasa (1/9/2020).

Nanti setelah pembangunannya selesai, Kantor Kecamatan Palabuhanratu akan pindah dari Jalan Kiaralawang ke gedung baru. Bangunan lama akan digunakan untuk Kantor Kelurahan Palabuhanratu. Lokasi bangunan baru tidak terlalu jauh dari rumah dinas Wakil Bupati Sukabumi.

“Kegiatan lain yang sedang berjalan adalah pemasangan besi cor bawah dan pengerjaan tembok penahaan tanah serta penataan lahan dengan alat berat,” jelas Arof. 

Proyek pembangunan tersebut memiliki anggaran sebesar Rp3.809.085.000 dengan luas bangunan 600 meterpersegi. Kontraktornya PT Buana Sambaja Perkasa.

Sementara itu Camat Ahmad Samsul Bahri menjelaskan, setelah selesai gedung utama, kegiatan pembangunan dilanjutkan dengan pembangunan dan pengadaan fasilitas lainnya.

Fasilitas pendukung yang dibangun antara lain tempat parkir, mushola, dan pagar. Selain itu gedung dilengkapi meubeler dan asesoris.

“Total biaya yang dibutuhkan sampai selesai antara 7 sampai 8 miliar rupiah,” ujar Samsul. (*)  

Print Friendly, PDF & Email