Anggota Komisi III Menilai KBM Tatap Muka Masih Berisiko Tinggi

oleh -
Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Sukabumi, Bambang Herawanto (paling depan) ketika melakukan kunjungan ke MAN Kota Sukabumi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Munculnya kasus 2 guru SLTA yang terkonfirmasi positif Covid-19 membuat Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Sukabumi Bambang Herawanto merasa prihatin. Dari kasus tersebut, Bambang mengingkatkan pemerintah dan sekolah bahwa pelaksanaan KBM di sekolah masih berisiko tinggi bagi terjadinya penyebaran Covid-19 di lingkungan warga sekolah.

banner 970x90

“Sampai sekarang risiko penyebaran Covid-19 di sekolah masih cukup tinggi. Karena itu pemda harus terus melakukan penelitian dan kajian yang mendalam terhadap rencana kegiatan belajar mengajar secara tatap muka,” kata Bambang saat diwawancarai lewat WhatsApp, Selasa (1/9/2020).

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi merilis data, dari 138 guru yang mengikuti swab test sebanyak 2 orang terkofirmasi positif  Covid-19. Bambang khawatir, lingkungan sekolah belum benar-benar bebas dari penyebaran Virus Corona.

“Jadi kegiatan pembelajaran di sekolah masih tetap riskan bagi para guru dan siswa,” tutur dia.

Ditambah pula dengan risiko yang dihadapi para siswa yang pergi dan pulang sekolah menggunakan sarana angkutan umum. Para siswa harus berada dalam kondisi berdesak-desakan di dalam angkot dan kontak fisik dengan orang yang tidak dikenalnya.

“Kita tidak tahu, di antara para penumpang itu terdapat warga yang terpapar Covid-19. Para siswa menghadapi risiko terkena Virus Corona dari penumpang lain,” tutur politisi Partai Nasdem tersebut.

Apalagi kesadaran masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan seperti mengenakan masker belum merata. Masih banyak warga masyarakat yang ketika berada di angkot seenaknya melepas masker.

“Kesimpulannya pandemi Covid-19 masih mengancam kita. Karena itu pemerintah harus berhati-hati mengambil keputusan, khususnya menyangkut rencana kegiatan belajar mengajar di sekolah,” kata Bambang. (*)

Print Friendly, PDF & Email