Puskesmas Cipari Gelar Pendidikan Dokter Cilik

oleh -
Para peserta pendidikan dan latihan dokter cilik di Puskesmas Cipari mengikuti pelajaran tentang kesehatan dengan tekun dan cermat.

Wartawan Joko Samudro (SUROBOYO)

Puskesmas Cipari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan pendidikan dan latihan singkat dokter kecil (dokcil). Pelatihan tersebut diselenggarakan di aula Desa Caringin, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Kamis (1/8/2019). Tutor yang dihadirkan dr. Ludy, salah satu tenaga medis di Puskesmas Cipari.

banner 970x90

“Tujuan kegiatan ini antara lain untuk meningkatkan pengetahuan para siswa SD tentang kesehatan. Nantinya para dokter cilik ini akan membantu kami dalam penanganan gangguan kesehatan di sekolah,” kata Ludy ditemui di sela kesibukan ceramahnya.

Para peserta pendidikan dokcil itu berasal dari siswa kelas 4 dan 5 SD. Merekalah yang akan dibentuk menjadi kader-kader kesehatan di sekolahnya masing-masing. Salah satu materi yang disampaikan kepada para calon dokcil itu seputar PPPK (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan).

dr. Ludy, tenaga medis dari Puskesmas Cipari yang menjadi tutor dokter cilik.

“Jadi dalam kegiatan ini  adik-adik  dikasih materi tentang cara memberikan pertolongan kepada temannya yang luka. Mereka juga diajarin cara periksa tensi, berat badan, tinggi badan, terus memeriksa mata yang benar,” ujar Ludy.

Diklat dokcil ini, jelas dia,  diikuti oleh para siswa yang berasal dari sekolah yang lokasinya berada di wilayah kerja Puskesmas Cipari. Semuanya ada 10 SD yang mengirimkan perwakilannya dengan ketentuan tiap sekolah diwakili dua orang siswa.

“Harapan kami para peserta dari pendidikan dokcil ini dapat menjadi pelopor dalam  program kerja kesehatan khususnya di sekolah. Mereka juga bisa menerapkan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dari diklat ini kepada teman-temannya di sekolah dan lingkungan tempat tinggalnya,” ujar Ludy. (*)

Print Friendly, PDF & Email