DPRD Optimis Bisa Tetapkan APBD-P Sebelum 5 Agustus

oleh -
Anggota DPRD Kota Sukabumi masa bakti 2014-2019 bekerja siang dan malam untuk menyelesaikan pembahasan APBD Perubahan Tahun Anggaran 2019.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

DPRD Kota Sukabumi yang sebentar lagi akan berakhir masa pengabdiannya masih terus mengejar waktu untuk dapat menetapkan APBD Perubahan (APBD-P) Tahun Anggaran 2019. Mereka optimis bisa menetapkan APBD-P tersebut sebelum tanggal 5 Agustus 2019 sebagai hari terakhir masa bakti DPRD Kota Sukabumi berdasarkan surat edaran Kemendagri bernomor 172/3912/Otda.

banner 970x90

“Kami tetap optimis dapat menyelesaikan pembahasan APBD Perubahan tahun anggaran 2019 sebelum tanggal 5 Agustus,” kata Ketua Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) DPRD Kota Sukabumi, Henry Slamet kepada wartawan, Kamis (1/8/2019).

Di sisa waktu yang masih tersedia, ujar Henry, dalam beberapa hari ke depan, dia dan rekan-rekannya akan memfokuskan kegiatan pada penyusunan Perda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2019. Menurut dia, pembahasan-pembahasan selanjutnya tidak membutuhkan waktu yang lama karena hal-hal prinsip dan fundamental telah disepakati sebelumnya.

Waktu yang paling lama dibutuhkan para wakil rakyat, lanjut dia, adalah pembahasan KUA-PPAS (Kebijakan Umum Anggaran Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara) untuk APBD-P. DPRD telah menyelesaikan pembahasan KUA-PPAS tersebut, jadi pembahasan selanjutnya tidak terlalu lama.  

“Lagi pula APBD Perubahan ini boleh dikatakan sudah hampir jadi. Hal yang harus kami lakukan tinggal  mencocokkan angka,” ujar Henry, politisi dari Partai Demokrat. 

Dalam rangka menguber target waktu tersebut, DPRD Kota Sukabumi menggelar rapat paripurna pada Rabu (31/7/2019) sore dengan agenda pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Raperda tentang Perubahan APBD 2019. Seusai rapat paripurna, Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi, H. Kamal Suherman mengatakan, pembahasan akan terus dilanjutkan dengan jawaban wali kota atas pandangan fraksi-fraksi.

“Setelah itu tinggal merumuskan draf perdanya. Kami akan terus berupaya akan pembahasan tentang APBD Perubahan ini selesai secepatnya dan perdanya dapat disahkan sebelum tanggal 5 Agustus 2019,” ujar Kamal. (*)

Print Friendly, PDF & Email