Sidang Isbat Terpadu Permudah Masyarakat Mendapatkan Dokumen Nikah

oleh -
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri mengapresiasi pelaksanaan sidang isbat nikah terpadu di KUA Jampangkulon.

Wartawan Nanang Setiana

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri mengapresiasi pelaksanaan sudang isbat di Kompleks KUA Kecamatan Jampangkulon. Menurut sekda, kegiatan tersebut dapat membantu masyarakat yang ingin menempuh pernikahan yang sah menurut syariat dan mendapatkan dokumennya secara legal.

banner 970x90

“Pemerintah Kabupaten Sukabumi mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk kolaborasi yang baik antara Pengadilan Agama, Kementerian Agama, dan Disdukcapil Kabupaten Sukabumi,” kata sekda dalam sambutan pembukaan sidang isbat terpadu di KUA Jampangkulon, Selasa (30/6/2020).

Dengan adanya sidang isbat nikah tersebut, ujar dia, masyarakat mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang mudah,  murah, dan gratis untuk memperoleh buku nikah, kartu keluarga, KTP, dan akta kelahiran.

Peserta sidang isbat nikah terpadu itu berasal dari para pasangan yang sudah berumah tangga tapi pernikahannya belum ditetapkan oleh negara.

“Kehadiran saya ke tempat ini selain untuk meresmikan kegiatan juga ingin bersilaturahmi dengan peserta sidang isbat nikah,” ujar Iyos.

Di tempat yang sama Ketua pengadilan Agama Cibadak, H. Arif  Mukhsinin menjelaskan bahwa sidang isbat terpadu bertujuan untuk melakukan tertib administrasi pernikahan. Para peserta akan diperiksa keabsahan pernikahannya sebelum diterbitkan penetapannya.  

“Setelah diperiksa keabsahannya, Pengadilan Agama akan mengeluarkan penetapan pernikahannya. Lalu dilanjutkan dengan proses penerbitan buku nikah oleh Kantor Kementerian Agama serta pembuatan dokumen kependudukan dan catatan sipil oleh Disdukcapil,” kata Arif.

Untuk akta kelahiran anak pun, pembutannya langsung dilaksanakan pada sidang isbat terpadu tersebut. Jadi sidang isbat terpadu ini merupakan pelayanan prima untuk memberikan kemudahan bagi para peserta sidang.

Pada kegiatan itu Sekda Iyos bersama Arif dan perwakilan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi secara simbolis  menyerahkan kartu keluarga, buku nikah,  dan kutipan Putusan Pengadilan Agama Cibadak. (*)

Print Friendly, PDF & Email