Forum Pemuda Peduli Sagaranten Tuntaskan Bedah Rumah di Cimanggir

oleh -
Rumah Bah Uceh di Kampung Cimanggir, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Sagaranten tidak lama lagi siap ditempati setelah direnovasi oleh Forum Pemuda Peduli Sagaranten.

Wartawan Hamjah

Kepedulian Forum Pemuda Peduli Sagaranten (FPPS) terhadap nasib warga kurang mampu patut mendapat acungan dua jempol. Baru-baru ini forum yang di dalamnya terdapat tokoh pemuda dan tokoh masyarakat menggulirkan program bedah rumah milik Bah Uceh (60) yang berlamat di Kampung Cimanggir RT 01 RW 01 Desa  Pasangrahan, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi. 

banner 970x90

“Rumah Bah Uceh telah selesai direnovasi. Sejak empat tahun terakhir, kami telah berbagai kegiatan salah satunya bedah rumah milik Bah Uceh,” kata pendiri FPPS, H. Cacang kepada wartawan, Rabu (1/7/2020).

Kondisi rumah Bah Uceh, ujar Cacang, masuk kategori rumah tidak layak huni (RTLH). Karena keterbatasan ekonomi, Bah Uceh tidak memiliki dana untuk memperbaiki rumahnya. Keadaan itulah yang mendorong FPPS menggulirkan program bedah rumah untuk tempat tinggal Bah Uceh.

“Rumah milik Bah Uceh yang tidak layak sebagai tempat tinggal membuat kami berinisiatif untuk merenovasinya,” tutur Cacang.

Rumah yang dibangun berukuran 5 x 6 meterpersegi dengan atap asbes dan dinding berbahan GRC (Glassfiber Reinforced Cement) yakni material yang terbuat dari campuran semen dan serat. Di rumahnya Bah Uceh hidup sebatang kara. Kini dia dapat menempati rumah yang layak huni.

Dana untuk menutup biaya bedah rumah tersebut dihimpun dari anggota FPPS dan para dermawan yang peduli terhadap nasib sesama yang kurang beruntung. FPPS juga mendapat dukungan dari Ikatan Remaja Masjid Sagaranten (IRMAS) dan Kepala Desa Pasanggrahan. 

“Selain bedah rumah, kami juga menggelar kegiatan rutin berupa aksi sosial seperti sunatan masal, santunan yatim dari keluarga tidak mampu, pembagian paket sembako untuk kaum dhuafa dan orang sakit, dan kegiatan sosial lainnya,” kata Cacang.

Kepala Dusun Cimanggir, Herman menyampaikan terima kasih kepada FPPS yang telah mewujudkan rumah layak huni bagi Bah Uceh. Semoga, kata Herman bantuan dari FPPS mendatangkan manfaat dan berkah bagi pemberi dan penerima bantuan.

“Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat untuk Bah Uceh. Kami mengharapkan program ini dapat terus dilanjutkan agar lebih banyak lagi masyarakat yang mendapatkan manfaat,” ungkap Herman. (*)

Print Friendly, PDF & Email