Bhabinkamtibmas Desa Prianganjaya Terima Pin Emas Kapolri dan Penghargaan dari Kapolda

oleh -
Brigadir Didi Dwi Purnomo, Bhabinkamtibmas Desa Prianganjaya, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi menerima Pin Emas Kapolri dan penghargaan dari Kapolda Irjen Pol Rudy Sufahriadi.

Wartawan Nanang Setiana

Peringatan Hari Bhayangkara ke-74 membawa kebahagiaan tersendiri bagi Bhabinkamtibmas Desa Prianganjaya, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, Brigadir Didi Dwi Purnomo. Anggota Polsek Sukalarang, Polres Sukabumi Kota ini juga menerima penghargaan atas dedikasi, loyalitas, dan prestasinya dalam menjalankan tugas.

banner 970x90

Selain itu Brigadir Didi ditetapkan sebagai peraih peringkat I tingkat Polda Jabar dalam inovasi Bhabinkamtibmas. Dia menerima Pin Emas Kapolri dan penghargaan tersebut dari Kapolda Irjen Pol Rudy Sufahriadi seusai upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-74 di Mapolda Jabar Jalan Sukarno-Hatta Kota Bandung, Rabu (1/7/2020).

“Saya mengucapkan syukur alhamdulillah atas penghargaan yang saya terima pada Hari Bhayangkara ke-74. Penghargaan ini merupakan bentuk kepercayaan dari pimpinan kepada kami untuk mempertahankan prestasi dan pelayanan kepada masyarakat,” kata Brigadir Didi melalui aplikasi WhatsApp setelah menerima penghargaan.

Brigadir Didi dikenal dekat dengan masyarakat, baik sebagai aparat Polri maupun Bhabinkamtibmas Desa Prianganjaya. Dia meluncurkan berbagai inovasi di desa binaannya untuk meningkatkan produktivitas dan kamtibmas di tengah masyarakat. Salah satu lokasi binaan Brigadir Didi adalah Kampung Kadudatar, Desa Prianganjaya. Kecamatan Sukalarang.

Brigadir Didi Dwi Purnomo.

Di kampung itu, dia berhasil membangun Jembatan Kamtibmas yang menghubungkan Kampung Kadudatar dengan Kampung Reuma. Jembatan tersebut melintang di atas Sungai Cikupa. Untuk merealisasikan jembatan tersebut, Brigadir Didi harus mengumpulkan dana dari berbagai kalangan dermawan dan menyisihkan sebagian dari gajinya.

“Kami juga membangun Pondok Mengaji Bhabinkamtibmas. Saat ini jumlah santri dan santriwati pondok kami sekitar 60 orang, sebagian berasal dari kalangan anak yatim,” ujar Didi.

Pondok tersebut terletak di Kampung Kadudatar. Salah satu tujuan pendirian Pondok Mengaji Bhabinkamtibmas adalah untuk mencegah TPPO (Tindak Pidana Perdagangan Orang) perempaun dan anak usia dini serta menciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas shaleh dan shalehah.  

Masih di Kampung Kadudatar, bintara Polri yang santun ini juga mendirikan Rumah Inspirasi Bhabinkamtibmas serta mengembangkan UMKM (Usaha Mikro Kecil Masyarakat) yang memanfaatkan limbah plastik untuk membuat pot bunga, tempat makanan, dan lain-lain.

Bersama istrinya, Ny. Rita Didi, Am.Keb. yang berlatar belakang pendidikan kebidanan, Brigadir Didi menyelenggarakan pengobatan gratis dari rumah ke rumah dengan prioritas kelompok orang jompo untuk pengukuran tekanan darah. Aksi sosial lain yang dilakukannya adalah memberikan bantuan kursi roda kepada Abah Asep yang telah berumur 105 tahun dengan kondisi lumpuh dan tunanetra. (*)  

Print Friendly, PDF & Email