Bank BJB Permudah Masyarakat Setor ke Kas Daerah

oleh -
Pimpinan Cabang Bank BJB Sukabumi, Nurachman Wijaya.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Peran Bank Jabar Banten (Bank BJB) dalam kalancaran penerimaan setoran dari masyarakat ke kas daerah cukup penting. Selama ini, Bank BJB menyediakan berbagai fasilitas bagi masyarakat yang akan menyetorkan pajak, retribusi, atau dana lain yang ada kaitannya dengan pelayanan dari pemda.

banner 970x90

“Kami menyediakan berbagai kemudahan berupa alat dan teknologi modern untuk memudahkan masyarakat menyetorkan dana ke kas daerah untuk menghindari kebocoran-kebocoran setoran pajak,” kata Pimpinan Cabang Bank BJB Sukabumi, Nurachman Wijaya usai menghadiri launcing aplikasi MPOS-QRIS BJB untuk pelayanan Kir di Dinas Perhubungan Dishub Kota Sukabumi, Rabu (1/7/2020).

Dengan alat berbasis teknologi modern itu, Bank BJB menjamin, uang dari masyarakat pasti masuk ke kas daerah. Kebocoran dan pungli pun bisa dicegah. Kepercayaan masyarakat akan meningkat karena uang dari mereka langsung dicatat sebagai PAD.

Selain itu, sejak lama Bank BJB memberikan alat berupa tapping box yakni alat untuk monitoring transaksi usaha secara online yang dipasang di mesin kasir untuk mencatat pajak di berbagai tempat usaha seperti hotel, restoran, dan tempat hiburan di Kota Sukabumi. Alat tersebut dibagikan secara gratis kepada pengelola tempat usaha dari dana CSR. 

“Awalnya hanya 10 titik wajib pajak yang dipasang tapping box, sekarang sedang persiapan pemasangan di 40 titik. Dengan alat ini perhitungan PAD benar-benar murni berdasarkan transaksi real,” tutur Nurachman. 

Bank BJB telah menerima permintaan dari Wali Kota Sukabumi untuk pemasangan 75 tapping box. Pihaknya, kata dia, akan merespon permintaan wali kota tersebut guna memudahkan wajib pajak menghitung pajak daerah yang harus disetorkan.

“Mudah-mudahan pada bulan Juli ini untuk 40 titik tapping box bisa selesai pemasangannya. Nanti kami rencanakan untuk memenuhi harapan Pak Wali Kota,” ucap Nurachman. (*)   

Print Friendly, PDF & Email