Panitia Pilkades Penentu Terpilihnya Kades Berkualitas

oleh -
Para peserta bimtek Panitia Pilkades di Tingkat Desa Gelombang III yang diikuti peserta dari Kecamatan Cicantayan dan Simpenan menyimak arahan dari Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami.

Wartawan Aep Saepudin (KOWASI)

Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) merupakan penentu dari proses dan terwujudnya penyelenggaraan pemilihan yang berkualitas. Dari proses Pilkades yang berlangsung secara demokratis dan berkualitas akan dihasilkan kepala desa sebagai pimpinan di desa yang sesuai dengan harapan masyarakat.

banner 970x90

Hal itu disampaikan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami  saat meresmikan bimbingan teknis (bimtek) bagi Panitia Pilkades di Tingkat Desa Gelombang III Tahun 2019 bertempat di Hotel Sukabumi Indah,  Jalan Selabintana, Desa Sudajaya Girang, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Senin (1/7/2019).

“Kami akui, pemilihan kepala desa itu sangat sulit karena secara psikologis akan berpengaruh sekali terhadap situasi kamtibmas desa. Saya selalu mengingatkan, Panitia Pilkades harus bisa menyelenggarakan pemilihan dengan aman, nyaman, dan  lancar,” kata bupati.

Posisi panitia sangat penting dan menentukan kualitas penyelenggaraan Pilkades serta kepala desa terpilih. Karena itu, ujar Marwan, Panitia Pilkades harus selektif dalam menjaring para kandidat agar hasil pemilihan dapat menghasilkan pimpinan desa yang aspiratif dan berkualitas sesuai dengan harapan masyarakat.  

Bupati mengajak Panitia Pilkades untuk bekerja dengan sungguh guna menunjang terwujudnya Kabupaten Sukabumi lebih baik yang religius dan mandiri. Pilkades di Kabupaten Sukabumi dilaksanakan secara serentak di 240 desa pada bulan November 2019.

Para peserta bimtek berasal dari Kecamatan Cincatayan (6 desa) dan Kecamatan Simpenan (5 desa). Peserta asal Kecamatan Cicantayan berasal dari desa-desa Cimahi,  Cisande,  Cicantayan,  Sukadamai,  Hegarmanah,  dan Cimanggis. Peserta asal Kecamatan Simpenan berasal dari desa-desa Loji,  Mekarasih,  Sangrawayang,  Cidadap, dan Kertajaya.

Tiap-tiap desa diwakili oleh Tim 11 yang terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan 7 anggota. Jadi total peserta bimtek mencapai 121 orang dari 11 struktur Panitia Pilkades.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Tendi Hendrayana menjelaskan, bimtek bertujuan untuk meningkatkan kesiapan dan kapasitas Panitia Pilkades dalam menjalankan tugasnya. Dia mengharapkan, bimtek dapat  memacu semangat dan memotivasi Panitia Pilkades untuk menjadikan pemilihan yang berkualitas.

“Kami harapkan panitia dapat bekerja secara profesional dan proporsional. Kalau di antara kandidat ada hubungan kekerabatan, panitia harus tetap netral,” kata Tendi. (*)

Print Friendly, PDF & Email