DPRD: Tiga Proyek Besar Infrastruktur Tuntas Periode Sekarang

oleh -

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi optimis, tiga proyek besar infrastruktur di Sukabumi dapat diselesaikan pada periode kepemimpinan Joko Widodo-Maruf Amin sekarang. Yunus yakin akan hal itu karena perhatian pemerintah pusat di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi kepada Sukabumi sangat tinggi.

banner 970x90

“Bahkan pembangunan ketiga proyek besar itu dapat dituntaskan pada awal-awal masa kepemimpinan Pak Jokowi, khususnya jalan tol dan jalur ganda rel kereta api dapat diselesaikan pada tahun 2020,” kata Yunus ketika dihubungi wartawan, Senin (1/7/2019).

Tiga infrastruktur dimaksud adalah pembangunan jalan tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi), pembangunan jalur ganda rel kereta api Sukabumi-Bogor, dan pembangunan bandara di Kabupaten Sukabumi. Pemerintah pusat telah memulai pelaksanaan konstruksi untuk ketiga infrastruktur tersebut, kecuali bandara yang tahapannya baru sampai pembebasan lahan.

“Kehadiran tiga proyek besar tersebut sangat berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi warga Kota Sukabumi. Karena itu, kita harus mendukung program pemerintah pusat tersebut,” ujar Yunus.

Ketiga proyek dari pusat itu nantinya akan memicu kemajuan daerah secara merata karena letaknya menyebar di tiga wilayah. Dua proyek bersentuhan langsung dengan wilayah Kota Sukabumi yakni pemnbangunan jalur ganda rel kereta api dan tol Bocimi. Kota Sukabumi sendiri punya proyek pembangunan city hub berupa kawasan perekonomian terpadu di area Terminal Tipe A KH. Ahmad Sanusi. 

Jadi nantinya, jalan tol berada di kawasan utara, jalur ganda berada di bagian tengah, dan city hub berada di bagian selatan Kota Sukabumi merupakan satu kesatuan infrastruktur untuk menunjang sistem transportasi dan ekonomi daerah.

“Dengan adanya infrastruktur tersebut, Pemkot Sukabumi harus memberikan kesempatan kepada warga Kota Sukabumi untuk berinvestasi atau bekerja sama dengan investor dari luar daerah agar kita menjadi bagian dari kemajuan daerah, tidak hanya menjadi penonton,” tutur Ketua Dewan.

Terkait penetapan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebagai capres-cawapres terpilih oleh KPU, Yunus mengajak warga Kota Sukabumi untuk kembali bersatu seperti semula guna bersama-sama  membangun bangsa dan daerah. Sekarang, kata dia, tidak ada lagi perbedaan pilihan setelah melewati masa-masa pesta demokrasi yang panjang. (*)

Print Friendly, PDF & Email