SMK LBS Istikomah dengan Program Pendidikan Gratis

oleh -
Kegiatan belajar mengajar di SMK Langlang Buana Sukabumi mengutamakan proses yang mengacu pada pendidikan berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang berbudi pekerti, terampil, cerdas, dan peduli.

Wartawan Aep Saepudin (Kowasi)

Komitmen SMK Langlang Buana Sukabumi (LBS) untuk menyelenggarakan pendidikan gratis sejak berdirinya selalu diwujudkan setiap tahun. Pada tahun pelajaran 2020/2021, sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Cahyaning Galih ini akan meneruskan tradisi sosial kemanusiaannya yakni menciptakan siswa berprestasi dengan sistem pendidikan gratis.

banner 970x90

“Bukan hanya menggratiskan biaya pendidikan, kami juga menyediakan baju  seragam dan peralatan sekolah lainnya seperti buku dan tas untuk para peserta didik secara gratis,” kata Ketua Yayasan Cahyaning Galih, Endin, S.Pd. saat ditemui di kediamannya Jalan Cisande Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Senin (1/6/2020).

Gedung SMK LBS terletak di Desa Cikembang, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. Sekolah ini memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan belajar mengajar (KBM). Di samping ruang belajar, fasilitas yang dimiliki SMK LBS antara lain penunjang belajar, perpustakaan, dan fasilitas lainnya.

“Kami menyelenggarakan pendidikan gratis berdasarkan amanat UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional. Kalau ada kebutuhan dana tambahan untuk penyelenggaran pendidikan, sebaiknya sekolah jangan mengandalkan orang tua murid. Sekolah jangan memungut iuran-iuran yang sifatnya membebani orang tua atau wali murid,” tutur Endin. 

Untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman, SMK LBS menyelenggarakan pendidikan berbasis kompetensi keahlian untuk Multimedia dan Bisnis Syariah. Menurut Endin, kedua jurusan ini selalu mendapat sambutan hangat bagi lulusannya oleh dunia kerja, baik industri, perkantoran, maupun instansi pemerintah.

Jurusan Multimedia, lanjut dia, akan memberikan peluang pekerjaan yang sangat luas untuk para lulusannya  karena ilmunya bersifat fleksibel. Lulusan dari jurusan ini bisa masuk dan diterima di berbagai macam perusahaan oleh sebab pada saat ini kemampuan dalam mengoperasikan komputer dan penguasaan terhadap teknologi informatika sangat dibutuhkan dunia kerja.

“Komputer merupakan perangkat untuk mengejar kemajuan teknologi dan sebagai media interaktif di kalangan para profesional. Selain itu komputer juga dapat mendukung pembentukan sumber daya manusia yang mumpuni untuk mengejar kemajuan zaman. Di situlah letak keahlian yang dimiliki lulusan jurusan multimedia,” jelas Endin.

Adapun Jurusan  Bisnis Syariah dari waktu ke waktu semakin diminati oleh pelaku usaha di Indonesia maupun mancanegara. Data yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI menunjukkan, industri keuangan syariah kini tengah mengalami kemajuan yang cukup signifikan seiring dengan pertumbuhan pengguna jasa keuangan syariah yang mencapai 28 persen dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini.

SMK LBS mengemban visi ‘Menjadikan SMK unggulan yang menyelenggarakan pendidikan berkualitas serta kelulusan peserta didik yang berbudi pekerti, terampil, cerdas, dan peduli.

Adapun misi yang akan dijalankan sekolah ini adalah mencetak peserta didik yang berkarakter , menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang didasari iman dan takwa (Imtak) guna menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu menjawab perkembangan zaman secara global. (*)

Print Friendly, PDF & Email