Bupati Monitoring Rapid Test Massal di Pasar Sukaraja

oleh -
Monitoring rapid test gratis massal oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami dan sejumlah pejabat eselon II.

Wartawan Nanang Setiana

Pemkab Sukabumi menggelar rapid test gratis massal untuk masyarakat bertempat di 8 pasar tradisional di seluruh pelosok Kabupaten Sukabumi, Senin (1/6/2020). Tes yang dilaksanakan secara serentak ini melibatkan para kepala perangkat daerah dan pejabat eselon II yang menyebar di 8 pasar tersebut.

banner 970x90

“Kegiatan rapid test bertujuan untuk mencegah  penyebaran Virus Corona agar tidak lebih meluas. Kami menyiapkan ribuan alat tes untuk mendukung pemeriksaan gratis ini,” kata Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami ketika ditemui saat monitoring rapid test di Pasar Sukaraja.

Pasar-pasar tradisional yang dijadikan tempat rapid test gratis ini terdapat di Sukaraja, Cicurug, Parungkuda, Cibadak, Cisaat, Surade, Pangleseran, dan Palabuanratu. Warga dipersilakan untuk mengikuti tes secara sukarela untuk mengetahui keterpaparan oleh Virus Corona melalui metode rapid test.

Untuk mendukung rapid test gratis tersebut, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi menyiapkan 2.300 alat rapid test disiapkan untuk pemeriksaan massal .

“Rapid test yang memeriksa sampel darah ini tidak bisa menentukan paparan Covid-19 seratus persen. Namun dari rapid test kami bisa menentukan tracking awal sebagai pemeriksaan penyaring untuk menentukan sebaran Virus Corona,” jelas bupati.

Marwan mengharapkan rapid test gratis massal tersebut dapat membantu Gugus Tugas dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona di wilayah Kabupaten Sukabumi. Bupati juga meminta masyarakat untuk tidak melakukan pergerakan di luar rumah yang berlebihan.

“Untuk mencegah penyebaran Virus Corona, hendaknya warga melakukan gerak secara minimal, terapkan aturan menjaga jarak, dan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh,” tutur Marwan. 

Pada kegiatan rapid test gratis massal itu, Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Adjo Sardjono melakukan monitoring ke Pasar Cicurug dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri selaku Ketua Harian Gugus Tugas melakukan monitoring di Pasar Cibadak.

Selaku Ketua Harian Gugus Tugas, Iyos telah menugaskan para pejabat eselon II untuk standby dan melakukan monitoring di lokasi rapid test. Pasar Sukaraja: Kepala Dinkes, Kadis PKUKM, Kadishub, Kasatpol PP, Kepala Bappeda, Kepala Diskominfo, Asda Bidang Ekbang, Kepala BKPSDM, dan Kepala DPMD.

Pasar Cisaat: Kepala Dinkes, Kadishub Kasatpol PP, Kepala Bappeda, Kadiskominfo, Asda Bidang Pemkesra, Kepala BPKAD, dan Inspektur. Beberapa pejabat ditugaskan di Pasar Sukaraja dan Pasar Cisaat secara bersamaan karena jarak kedua pasar ini relatif berdekatan.  

Pasar Cicurug: Kadis Nakertrans, Kadis PESDM, Kadis Damkar, Kadis Ketahanan Pangan, dan Kadis Pertanian. Pasar Parungkuda: Asda Bidang Administrasi, Kepala Bapenda, Kadisdukcapil, Sekretaris DPRD, dan Kadis Peternakan.

Pasar Cibadak: Kadis PU, Kadis LH, Kepala DPMPTSP, dan Kepala Pelaksana BPBD. Pasar Pangleseran: Kadis Perkim, Staf ahli Bupati Bidang KSDM, Kadis Pendidikan, dan Kepala DPTR.

Pasar Palabuhanratu: Kepala Bakesbangpol, Kepala Dispar, Staf Ahli Bupati Bidang PEK, Kadis P3A, dan Kadis Kelautan dan Perikanan. Pasar Surade: Staf Ahli Bupati Bidang PHP, Kadis Arpus, Kadisbudpora, dan Kadis PPKB. (*)

Print Friendly, PDF & Email