Kecamatan Cisolok Gulirkan P3K di Enam Desa

oleh -
Kegiatan pembangunan fisik di wilayah Kecamatan Cisolok yang didanai oleh P3K selalu mengutamakan pemberdayaan masyarakat sekitar.

Wartawan M. Ridwan

Kantor Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi menggulirkan Program Peningkatan Partisipasi Kecamatan (P3K) untuk enam desa. Melalui program ini, kantor kecamatan mendorong pemerintah desa untuk meningkatkan pembangunan yang tidak hanya mengandalkan anggaran dari Dana Desa dan Alokasi Dana Desa.

banner 720x90

“Peran serta kecamatan tidak bisa dipisahkan dari semua kegiatan pembangunan di desa. Kami terus mendorong desa agar dapat meningkatkan program pembangunan, baik kuantitas maupun kulitasnya. Salah satunya melalui P3K,” kata Camat Cisolok, Kurnia Lismana kepada wartawan, Rabu (1/4/2020).

Dari 13 desa yang ada di Kecamatan Cisolok, setengahnya atau 6 desa mendapatkan alokasi P3K tersebut. Empat desa untuk pengembangan destinasi wisata desa yaitu desa-desa Cicadas, Gunungkaramat, Gunungtanjung, dan Cikelat.

Adapun dua desa lagi yakni Desa Caringin dan Desa Pasirbaru mendapat jatah P3K untuk pengembangan sarana air bersih. Total dana P3K yang disalurkan mencapai Rp1,1 miliar.

Sampai saat ini tingkat penyelesaian kegiatan yang dibiayai P3K di wilayah Kecamatan Cisolok itu sudah mencapai sekitar 35 persen. Kegiatan pada program tersebut dilaksanakan oleh kelompok masyarakat sesuai dengan semangat P3K yang lebih  mengedepankan pemberdayaan masyarakat setempat.

“P3K yang ada di Kecamatan Cisolok diutamakan untuk menggali potensi wisata yang ada di desa karena wilayah kami sebagai kawasan penyangga geopark. Sesuai dengan program Bupati Sukabumi yang menggulirkan model pembangunan berbasis kawasan, potensi pariwisata yang ada di desa harus terus digali dan dikembangkan,” tutur Camat Cisolok.  

banner 720x90

Kurnia mengharapkan P3K yang digulirkannya dapat memberikan manfaat secara langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat desa. Dia selalu mengarahkan P3K agar memberikan multiplier effect dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Salah satu bangunan pendukung di tempat wisata ziarah di Desa Gunungkaramat yang dibangun dengan dana dari P3K Cisolok.  

Kepala Desa Gunungkaramat Subaeta menerangkan, dana dari P3K Cisolok di desanya digunakan untuk membangun fasilitas dan penataan di tempat wisata ziarah. Jenis kegiatannya antara lain pembangunan gasibu, gerbang, tempat parkir, dan kios-kios.

“Mudah-mudahan ke depan, kami dapat membangun alun-alun desa dari dana P3K,” ujar Subaeta. (*)

Print Friendly, PDF & Email