Peringati Milad ke-19, SDN Desa Cibima Gelar Jalan Santai

oleh -
Kepala SDN Desa Cibima, Hj. Paulina Megah Dekrita didampingi sejumlah siswa memberikan bunga kepada petugas kepolisian yang sedang bertugas di Balai Kota Sukabumi dalam rangka Milad ke-19 sekolah tersebut yang bersamaan dengan HUT ke-105 Kota Sukabumi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Rangkaian kegiatan Milad ke-19 SDN Dewi Sartika Cipta Bina Mandiri (Desa Cibima) berbeda dari tahun sebelummya. Pada puncak peringatan Milad yang berbarengan dengan peringatan HUT ke-105 Kota Sukabumi, Senin (1/4/2019), keluarga besar SDN Desa Cibima menggelar jalan santai sambil membagikan bunga dan coklat kepada warga yang sedang beraktivitas di pinggir jalan.

banner 720x90

Jalan santai diikuti oleh semua warga sekolah, mulai para guru, siswa, dan orang tua.  Rute yang dilalui start di depan sekolah masuk ke Jalan Perpusatakaan lalu ke Jalan Syamsudin depan Balaikota-Jalan Siliwangi-Jalan Suryakencana, dan finish di depan sekolah. Dari kalangan siswa, jumlah pesertanya mencapai 708 orang.

Sambil membagikan bunga dan coklat, para peserta jalan santai juga memunguti sampah selama di perjalanan. Mereka membawa kantong plastik untuk menampung sampah yang diambil dari jalan. 

“Para siswa kita ajari terus untuk menjaga lingkungan. Peringatan milad sekolah kami tahun ini sederhana tetapi maknanya dalam,” kata Wakil Kepala Sekolah SDN Desa Cibima Bidang Humas, Asep Rukman Wirria.

Sebelumnya keluarga besar SDN Desa Cibima menyelenggarakan sujud syukur, istighosah, shalat sunah dzuha berjamaah, dan makan tumpeng bersama. Dalam rangkaian peringatan milad tersebut, ujar Asep, panitia lebih mengutamakan terbangunnya solidaritas yang tinggi di antara keluarga besar SDN Desa Cibima.

Sementara itu Kepala SDN Desa Cibima, Hj. Paulina Megah Dekrita mengungkapkan rasa syukur atas terselenggaranya rangkaian kegiatan milad sekolah yang dipimpinnya. Selama ini kepala sekolah dan para guru di sekolah tersebut selalu  berusaha untuk membentuk generasi penerus bangsa yang religius melalui berbagai kegiatan rutin seperti sholat sunat dzuha dan dzuhur berjamaah.

banner 720x90

“Alhamdulillah pada saat mengikuti jalan santai, beberapa siswa sempat memberikan  karangan bunga dan ucapan langsung HUT Kota Sukabumi kepada beberapa pejabat yang ditemui di Balai Kota Sukabumi,” kata Paulina.

Tugas tambahan untuk memunguti sampah, jelas dia, bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para siswa tentang kecintaan terhadap daerahnya dan peduli akan lingkungan. Karena keadaan dan rasa nyaman harus diciptakan oleh diri sendiri yang salah satunya dengan menjaga kebersihan.

“Dengan membiasakan diri peduli terhadap lingkungan akan timbul rasa nyaman bagi kehidupan,” ujarnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email